Penerapan Aplikasi Salaman (Selesai dalam Genggaman) dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kota Bandung

Authors

  • Naomi Rosdamia Sitompul Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Agus Widiyarta Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.52423/neores.v5i1.99

Keywords:

Aplikasi Salaman, Administrasi Kependudukan, E-Government

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis terkait penerapan aplikasi “SALAMAN” dalam pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara,observasi, dan dokumentasi. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori elemen sukses penerapan e-government berdasarkan hasil kajian dan riset Harvard JFK School of Government yang terdiri dari Support, Capacity, dan Value. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan aplikasi salaman dalam pelayanan administrasi kependudukan sudah dinilai sukses, hal tersebut dibuktikan, antara lain dengan: 1) Adanya support atau dukungan  berupa visi misi, peraturan serta perundangan yang jelas, adanya dukungan alokasi dari pihak lain serta sosialisasi yang baik kepada masyarakat 2) Capacity atau kapasitas yang memadai yaitu mulai dari finansial yang cukup, kelengkapan infrastruktur teknologi informasi, serta sumber daya manusia yang kompeten 3) Value atau manfaat yang dirasakan oleh disdukcapil berupa pelayanan yang transparan,cepat, mudah, dan prinsip zero visit dapat terlaksana dengan baik. Begitu pula dengan masyarakat yang menerima manfaat berupa pelayanan yang praktis, hemat biaya dan dapat dijangkau kapan saja

References

Adibowo, R., & Putri, S. O. (2016). Penerapan E-Government dalam Paradiplomasi Pemerintah Kota Bandung. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, 6(2), 91–100.

Creswell, J. W. (2019). Research Design Pendekatan Kualitatif Kuantitatif dan Mixed.

Elkesaki, R. ’Arsy, Oktaviani, R. D., & Setyaherlambang, M. P. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Di Kota Bandung. Jurnal Caraka Prabu, 5(1), 69–90. https://doi.org/10.36859/jcp.v5i1.456

Enrico, L. J. (2022). Efektivitas Pelayanan Akta Kematian Melalui Aplikasi Selesai Dalam Genggaman (Salaman Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Bandung Provinsi Jawa Barat. INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

Indrajit, R. E. (2016). Electronic government. Wirtschaftsinformatik, 47(5), 324. https://doi.org/10.1007/BF03251472

Kristianto, D., & Findawati, Y. (2022). Perancangan dan Analisis Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Sebagai Pengembangan E-government Di Kecamatan Krembung. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 9(2), 1693–1704. https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jatisi/article/view/2001

Laili, S. N., & Kriswibowo, A. (2022). Elemen Sukses Penerapan Sistem Elements of Successful Application of. Jurnal Kebijakan Publik, 13(3), 295–301.

Loka, D. M., Abdullah, A., & Sudirman, F. A. (2022). Identifikasi Pelayanan Publik Berbasis E-Government Pemerintah Kota Kendari Pada Masa New Normal. NeoRespublica: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 4(1), 205–218.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif.

Pioh, N. R. (2020). Kualitas Pelayanan Publik Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Halmahera Utara. 4(4), 1–10.

Riska Chyntia Dewi, & Suparno Suparno. (2022). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Media Administrasi, 7(1), 78–90. https://doi.org/10.56444/jma.v7i1.67

Samsor, A. M. (2021). Challenges and Prospects of e-Government implementation in Afghanistan. International Trade, Politics and Development, 5(1), 51–70. https://doi.org/10.1108/itpd-01-2020-0001

Saputra, D. P., & Widiyarta, A. (2021). Efektivitas Program SIPRAJA Sebagai Inovasi Pelayanan Publik di Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 7(2), 194–211. https://doi.org/10.30996/jpap.v7i2.4497

Sudirman, Faturachman Alputra, & Saidin, S. (2022). Pemerintahan Berbasis Elektronik (E-Government) dan Pembangunan Berkelanjutan: Reviu Literatur Sistematis. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 21(1), 44–58. https://doi.org/10.35967/njip.v21i1.269

Sudirman, Faturachman Aputra, Sari, E. I., & Abdullah, A. (2022). Penerapan E-Planning dalam Perencanaan Pembangunan Daerah di Kota Kendari : Kontribusi untuk SDGs. NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 3(2), 174. https://doi.org/10.52423/neores.v3i2.25500

Yusuf, R. M. S., & Jumhur, H. M. (2018). Penerapan E-Government Dalam Membangun Smart City Pada Kota Bandung Tahun 2018 E- Government Implementation in Building Smart City in Bandung 2018. E-Proceeding of Management, 5(3), 3126–3130. https://journal.trunojoyo.ac.id/iniciolegis/article/download/8822/491

Downloads

Published

2023-08-23

How to Cite

Sitompul, N. R., & Agus Widiyarta. (2023). Penerapan Aplikasi Salaman (Selesai dalam Genggaman) dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kota Bandung. NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 5(1), 220–230. https://doi.org/10.52423/neores.v5i1.99