Rebranding Sentra UKM MERR menjadi Surabaya Kriya Gallery : Strategi Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan

Authors

  • Febby Annastya Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Agus Widiyarta Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.52423/neoresjurnal.v4i2.92

Keywords:

Perekonomian, Rebranding, Strategi, SOAR, UMKM

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui strategi Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan Kota Surabaya dalam rebranding sentra UKM MERR menjadi Surabaya Kriya Gallery. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model analisis SOAR (Strengths, Opportunities, Aspirations, Results). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan dalam merebranding sentra UKM MERR menjadi Surabaya Kriya Gallery, antara lain: 1) Strengths yang dimiliki yakni menjadi SKG terbesar dan bagus dengan 4 lantai, produk berkualitas, fasilitas memadai, memiliki cara menarik minat pengunjung, pengelolaan yang baik. 2) Opportunities dilakukan dengan menekankan kualitas produk terhadap pelaku UMKM, mendatangkan tamu dengan kunjungan kerja, memberikan fasilitas branding dan pemasaran, mengadakan evaluasi. 3) Aspirations direspon dengan menyediakan media pemasaran offline maupun online, melengkapi fasilitas, mengadakan evaluasi. 4) Results yang dirasakan yaitu bangunan dan fasilitas yang bagus membuat lebih nyaman, produk yang dipasarkan lebih berkualitas, omset meningkat dan tertinggi.

References

Andriani, F., & Anandita, C. (2019). Rebranding Sofyan Hotel Cut Meutia dalam Meningkatkan Citra. Jurnal Pustaka Komunikasi, 2(1), 93–104.

Christofer Ondang, Frans Singkoh, Neni Kumayas. (2019). Peranan Pemerintah Daerah dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Minahasa (Suatu Studi di Dinas Koperasi dan UKM). Jurnal Eksekutif, 3(3), 1–10.

Dewi, P. (2022). Strategi Rebranding Kopi Robusta Way Kanan Melalui Integrated Marketing Communication (IMC). Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(5). https://www.jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/7143

Fuadi, A. (2020). Analisis Strategi SOAR Balai Diklat Aparatur Kementerian Kelautan dan Perikanan Menuju Corporate University. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 35. https://doi.org/10.32493/jpkn.v7i1.y2020.p35-46

Grafis, J. (2022). Produk Industri Rumah Tangga ( P-IRT ) Farida Ct-21. 1(1), 39–47.

Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172. https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP/article/view/39

Halim, E. E., Wahyudi, O. B., & Yogatamaa, A. (2020). Strategi Stakeholder Relations Pengelola Sentra UMKM Rumah Kreatif Dolly Saiki Point Surabaya. Jurnal E-Komunikasi. http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/11053

Hartuti, R. F., & Rochdiani, D. (2021). Perancangan Strategi Pemasaran Irt Keripik Ubi Cilembu Cihuy Chips Menggunakan Soar Strategic Soar Strategic for Marketing Strategy Design of Cihuy Chips Home Industry. MIMBAR AGRIBISNIS: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 7(1), 320–330.

Kambono, H. (2020). Pengaruh Investasi Asing dan Investasi Dalam Negeri terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. 12, 137–145.

Kistari, F. A., & Marlena, N. (2022). Analisis SWOT sebagai Strategi Pemasaran terhadap Perkembangan Usaha Sentra UKM Telur Asin Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Pendidikan Tambusai, 6(2), 14595–14605.

M Dayat. (2019). Strategi Pemasaran dan Optimalisasi Bauran Pemasaran dalam Merebut Calon Konsumen Jasa Pendidikan. Jurnal Mu’allim, 1(2), 299–218. https://doi.org/10.35891/muallim.v1i2.1629

Masrifah Cahyani, A. (2020). Strategi Komunikasi Humas Pemerintah Kota Surabaya dalam Melayani dan Menggali Potensi Masyarakat melalui Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 1–16. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1.1-16

Nabila, A. S., & Nawangsari, E. R. (2022). Strategi Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Dalam Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima Sentra Wisata Kuliner Wiyung Kota Surabaya. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 8(1), 135–144. https://doi.org/10.33506/jn.v8i1.1798

Nadia Amelia Elyana Poluan, & Dewi Kurniawati. (2020). Pengaruh Rebranding “Linkaja” Terhadap Brand Image Produk Pada Pengguna Telkomsel di Kota Medan. Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA), 3(1). https://doi.org/10.32734/lwsa.v3i1.806

Pemerintah Kota Surabaya. (2021). Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 4 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026. Lembaran Daerah Kota Surabaya Tahun 2021 Nomor 4, 1–563.

Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Pemberdayaan Usaha Mikro. (2021). https://jdih.surabaya.go.id/pdfdoc/3793_Perda_01-2021.pdf

Putra, D. C. (2022). Peran Pemerintah dan Swata dalam Perekonomian. Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(6), 805–808.

Saputra, A., & Rulandari, N. (2020). Analisis Strategi Peningkatan Penerimaan Pajak Hiburan pada Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta Tahun 2019. Jurnal Pajak Vokasi (JUPASI), 2(1), 12–21. https://doi.org/10.31334/jupasi.v2i1.1106

Seftiandy, S., & Sunaryo, R. (2018). Strategi Rebranding E-Commerce Blanja.com Meningkatkan Brand Awareness melalui Iklan Televisi. Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 15(1), 29. https://doi.org/10.36451/j.isip.v15i1.12

Stavros, J. M., & Cole, M. L. (2013). SOARing Towards Positive Transformation and Change. The ABAC ODI Visions Action Outcome, 1(1), 10–34.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (M. Dr. Ir. Sutopo. S.Pd (Ed.); 2nd ed.). ALFABETA.

Sumiyati, S., Komalawati, E., & Rosma, A. (2019). Strategi Public Relations Dalam Rebranding Bekasi Square Menjadi Revo Town. LUGAS Jurnal Komunikasi, 3(2), 110–118. https://doi.org/10.31334/lugas.v3i2.711

Undang-undang Republik Indonesia. (2015). Undang-Undang nomor 9 tahun 2015 Tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah. Undang-Undang Nomor 9, 1–66. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38209/uu-no-9-tahun-2015

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008. 1.

Virdani, D., & Widiyarta, A. (2022). Peran Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan Surabaya Memulihkan Dampak Pandemi Covid-19 Usaha Mikro Bulak. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(4), 2615–2622. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i4.1131

Zamista, A. A., & Hanafi. (2020). Analisis SOAR pada Strategi Pemasaran di Industri Jasa Finance SOAR Analysis on Marketing Strategies in the Finance Services Industry. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(1), 11–24. https://core.ac.uk/download/pdf/299931315.pdf

Downloads

Published

2023-06-02

How to Cite

Febby Annastya, & Widiyarta, A. (2023). Rebranding Sentra UKM MERR menjadi Surabaya Kriya Gallery : Strategi Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan. NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 4(2), 419–431. https://doi.org/10.52423/neoresjurnal.v4i2.92

Issue

Section

Articles