Faktor-Faktor Pendorong dan Penghambat Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Primer pada Masa Pandemi Covid - 19
DOI:
https://doi.org/10.52423/neores.v4i1.6Keywords:
Covid-19, Faktor Pendukung, Faktor Penghambat, Kesehatan Primer, PelayananAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor pendorong dan penghambat pemanfaatan pelayanan kesehatan primer pada masa pandemik covid 19, terutama yang bersumber dari masyarakat.. Jenis penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data primer diperoleh langsung melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data sekunder diperoleh dari laporan Puskesmas Ranomeeto tahun 2022. Informan penelitian adalah Kepala Desa, Kepala Puskesmas, Satgas Covid-19, tokoh masyarakat dan kader posyandu. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikaan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Faktor pendukung pemanfaatan pelayanan kesehatan primer, diantaranya adalah nilai-nilai budaya (sikap toleransi kepada hal-hal baru) dan sikap mental (penilaian tinggi terhadap unsur-unsur yang membawa kebaikan). (2) Faktor penghambat pemanfaatan pelayanan kesehatan primer diantaranya: sikap tradisionalistis, prasangka buruk terhadap sesuatu yang baru, kekhawatiran terjadi kegagalan pada hal baru, serta hambatan yang bersifat ideologis. Perhatian pemerintah terhadap faktor pendukung dapat mendorong masyarakat menjadi lebih kooperatif dalam mengikuti arahan yang di tetapkan oleh pemerintah; seperti pakai masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dan melakukan vaksin. Perhatian pemerintah terhadap factor penghambat dapat mengatasi kegagalan dalam implementasi program.
Kata kunci : Covid-19, Faktor Pendukung, Faktor Penghambat, Kesehatan Primer, Pelayanan
References
Chumaida, Z. V., Ariadi S, B. S., & Roro, F. S. R. (2021). Kebijakan Penanganan Pelayanan Kesehatan Di Masa Pandemi COVID-19. Lex Journal : Kajian Hukum & Keadilan, 158–183. https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/hukum /article/download/4245/2105
Feriandi, Yudi, (2020). Bunga Rampai Artikel Penyakit Virus Korona (COVID-19 ) : COVID-19 dan Manajemen Bencana. 203–14.
Kesehatan, D. J. P. K. (2020). Juknis Pelayanan PKM pada Masa Pandemi Covid-19.
Kotler, P., Roberto, N. and Lee, N. R. (2003) Social Marketing: Improving the Quality of Life (2nd Edition). 2nd edn, undefined. 2nd edn. California: SAGE.
Miles, M. B., Huberman, M. A., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Washington D.C: Sage Publications, Inc.
Muhadjir, Noeng, (2011), Methodology of Research, Objective Positivism Paradigm, Interpretative Phenomenology of Platonic Language Logics, Chomskyist, Hegelian and Hermeneutik, Islam Study Paradigm, Mathematics Recursion-Set Theory & Structural Equation Modeling and Mixed, Rake Sarasin, The Sixth Volume Development, Yokyakarta.
Sudirman, F. A., & Rifai, R. (2021). Private Sector Contribution in Achieving the Sustainable Development Goals (SDGs) 7 in Kendari, Indonesia. International Journal of Qualitative Research, 1(1), 55–60. https://doi.org/10.47540/ijqr.v1i1.319
Naufalaz, A. 2014. Faktor Pendorong dan Penghambat Pembangunan. Diakses pada 10 Maret 2022, dari https://www.scribd.com/doc/244664396/Faktor- Pendorong-Dan-Penghambat-Pembangunan
Putriana Fuji Safitri1, R. A. S. (2021). Faktor yang Memengaruhi Kualitas Komunikasi Kesehatan Di. Majalah Kedokteran Andalas, 44(6), 345–357.
Rahayu, T. & Gufron, A. (2020). Implementasi Kebijakan Penggunaan Dana Desa Dalam Pencegahan Covid-19 Di Desa Turitempel Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak Tahun 2020. Dalam jurnal UNTAG Semarang (halaman 157-158). Semarang: Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Semarang
Rosita, & Simamora, T. M. (2021). Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak di Puskesmas Terpencil dan Sangat Terpencil di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat, 1(2), 225–238. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/AN-NUR/article/view/8698
Sahputra, N., Antoro, B., & Zulham. (2021). “Analisis Strategi Penguatan Usaha Kecil Menengah Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Medan” dalam Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi (halaman 588-592). Medan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Batanghari Jambi
Sharew, N. T. et al. (2018) ‘Investigating admitted patients’ satisfaction with nursing care at Debre Berhan Referral Hospital in Ethiopia: a cross-sectional study’, BMJ Open, 8(5), p. e021107. doi: 10.1136/ BMJOPEN-2017-021107.
Ulya, N., & Meikawati, P. R. (2022). PENGARUH PANDEMI COVID-19 TERHADAP PELAYANAN kebijakan Pembatasan Sosial Berskala. SIKLUS: Journal Research Midwifery Politeknik Tegal, 11(1), 77–82. https://doi.org/10.30591/Siklus.V11i01.2874
Widodo, M. R., & Prayoga, D. (2022). Kepuasan dan Loyalitas Pasien terhadap Pelayanan di Fasilitas Kesehatan Primer: Sebuah Tinjauan Literatur. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 568–572. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.458
Wonok, G.R.J. (2020). “Strategi Pemerintah Desa Dalam Pencegahan Penyebaran Virus Corona (Covid-19) (Studi Di Desa Mokobang Kecamatan Modoinding Kabupaten Minahasa Selatan)” dalam Jurnal Mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP UNSRAT (halaman 1-17). Minahasa Selatan: Universitas Sam Ratulangi
Zubaidah, S. (2021). Efektivitas Pelayanan Kesehatan Masa Pandemi Covid-19 Di Puskesmas Kecamatan Kubu Babussalam, Kabupaten Rokan Hilir. JISIP : Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 10(3), 202–208. https://doi.org/10.33366/jisip.v10i3.2362
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 NeoRespublica: Jurnal Ilmu Pemerintahan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.