Peningkatan Kualitas Pelayanan Keluarga Berencana Pada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Buton Utara

Authors

  • Adrian Tawai Universitas Halu Oleo
  • Hendri Ade Sucipto Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.52423/neores.v4i1.50

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan desain program dalam meningkatkan kualitas pelayanan keluarga berencana pada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Buton Utara menggunakan metode deskriptif kualitatif. Informan dipilih secara purposive. Teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan desain program dalam meningkatkan kualitas pelayanan Keluarga Berencana pada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Buton Utara sudah dapat dikatakan baik. Walau pun masih kurangnya pembaruan akan inovasi-inovasi program-program yang ada. Para pegawai telah menjalankan prosedur atau tatacara pelayanan yang baik sesuai dengan aturan dan kualitas pelayanan yang telah ditentukan. Para pegawai selalu berusaha menunjukkan sikap profesionalisme yang baik dan ramah serta berusaha sebaik mungkin agar masyarakat merasa nyaman dan puas terhadap layanan yang mereka berikan.

References

Alifariki. (2017). Faktor determinan proksi kejadian kematian neonatus di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Utara. 6.

Dwimawanti, I. H. (2004). (Salah Satu Parameter Keberhasilan Otonomi Daerah) Oleh : Ida Hayu Dwimawanti. 2004, 109–116. http://eprints.walisongo.ac.id/3684/

Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Gava Media.

Hasibuan. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Indarjo, S. (2017). Kampung Keluarga Berencana dalam Peningkatan Efektivitas Program Keluraga Berencana. Higea, 1.

Kalalinggi, R. (2019). Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (Dppkb) Dalam Pengendalian Pertumbuhan Penduduk Di Kota Samarinda. E;Journal, 7.

Kawulu, A. (2015). Peranan BKKBN dalam Pembangunan Kesejahteraan Sosial. Alumni Bandung.

Larasati, L. (2018). Peranan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dalam Pengendalian Pertumbuhan Penduduk. 3.

Lovelock, C dan Lauren, k. (2007). Manajemen Pemasaran Jasa, Alih bahasa.

Noviawati, D. (2011). Panduan Lengkap Pelayanan KB Terkini. Nuha Offset.

Oktriyanto. (2016). Penyelenggaraan Pelayanan Keluarga Berencana Dalam Jaminan Kesehatan Nasional. Jur. Ilm., 77–88.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta CV.

Sulistyaningsih, E. (2013). Strategi Sosialisasi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). e-Journal Ilmu Komunikasi.

Sunarsi, D. (2019). Seminar Sumber Daya Manusia. In Seminar sumber daya manusia (Issue 1). http://eprints.unpam.ac.id/8570/2/Seminar SDM.pdf

Trianzhiani, S. (2018). Pelaksanaan Program Keluarga Berencana Oleh Petugas Lapangan Keluarga Berencana (Plkb) Di Desa Karangjaladri Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. Jurnal MODERAT, 4.

Zamroni. (2007). Meningkatkan Mutu Sekolah . PSAP Muhamadiya.

Downloads

Published

2022-12-26

How to Cite

Adrian Tawai, & Hendri Ade Sucipto. (2022). Peningkatan Kualitas Pelayanan Keluarga Berencana Pada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Buton Utara. NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 4(1), 212–221. https://doi.org/10.52423/neores.v4i1.50