Analisis Tantangan Layanan Kesehatan Publik di Indonesia : Menuju World Class Public Services 2025

Authors

  • Diyah Karunia Program Studi Ilmu Pemerintahan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Rahmawati Husein Program Studi Ilmu Pemerintahan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Achmad Nurmandi Program Studi Ilmu Pemerintahan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Helen Dian Fridayani Program Studi Ilmu Pemerintahan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.52423/neores.v6i1.307

Keywords:

Kesehatan, Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik

Abstract

Indonesia terus melakukan upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, termasuk pelayanan kesehatan untuk mencapai tujuan menuju World Class Public Services 2025. Upaya peningkatan pelayanan publik tertuang dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025. Penulisan penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tantangan pelayanan publik, khususnya dalam pelayanan kesehatan di Indonesia menuju World Class Public Services 2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang diperoleh dari sumber sekunder scopus dan google scholar, juga dibantu dengan aplikasi Nvivo 14 yang digunakan untuk mengolah data yang bersumber dari berita. Dalam pengolahan data peneliti menggunakan parameter penilaian berupa tangibility, responsiveness, realibility. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pelayanan kesehatan di Indonesia belum cukup baik, serta tantangan-tantangan yang dihadapi oleh pelayanan kesehatan adalah tantangan mengenai pengadaan fasilitas fisik (pegawai) dan fasilitas kelengkapan. Dari hasil penelitian ini diharapkan tantangan-tantangan pada sektor pelayanan kesehatan dapat diatasi sehingga cita-cita menuju World Class Public Service 2025 dapat tercapai.

References

Ajija, N., & Macella, A. D. R. (2023). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Mewujudkan World Class Bureaucracy Pada Bkpsdm Kabupaten Aceh Barat. Reformasi, 13(1), 1–14. https://doi.org/10.33366/rfr.v13i1.3781

Alaan, Y. (2016). Pengaruh Service Quality Terhadap Customer Satisfaction: Penelitian Pada Hotel Serela Bandung. Jurnal Manajemen, 15(2).

Alemu, E. M., Kaso, A. W., Obsie, G. W., Fessaha, H. Z., & Agero, G. (2024). Maternal satisfaction with delivery service and associated factors among women who gave birth at public hospitals in Guji Zone, Southern Ethiopia. BMC Women’s Health, 24(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/s12905-024-03069-0

Alim, A., Tangdilambi, N., & Badwi, A. (2019). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan RSUD Makassar. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 5(2), 165. https://doi.org/10.29241/jmk.v5i2.164

Anathasia, S. E., & Mulyanti, D. (2023). Faktor-Faktor yang mempengaruhi peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Rumah Sakit : Tinjauan Teoritis. Jurnal Ilmiah Kedokteran Dan Kesehatan, 2(2), 145–151.

Asmara, A. Y., & Rahayu, A. Y. S. (2019). Inovasi Pelayanan Kesehatan Gancang Aron Di Kabupaten Banyuwangi Dalam Perspektif Matrik Inovasi Sektor Publik. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 3(2), 57. https://doi.org/10.26740/jpsi.v3n2.p57-67

Badan Kepegawaian Negara. (2022). Wujudkan World Class Government, PNS Harus Kembangkan Kompetensi melalui Jalur Pendidikan - Badan Kepegawaian Negara (BKN RI). Bkn.Go.Id. https://www.bkn.go.id/wujudkan-world-class-government-pns-harus-kembangkan-kompetensi-melalui-jalur-pendidikan/

Baharuddin, T., Salahudin, S., Sairin, S., Qodir, Z., & Jubba, H. (2021). Kampanye Antikorupsi Kaum Muda melalui Media Sosial Twitter. Jurnal Ilmu Komunikasi, 19(1), 58. https://doi.org/10.31315/jik.v19i1.3827

Bunga Tiara Carolin, Dayan Hisni, & Siti Nurholisah. (2023). Faktor Yang Berkaitan Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien. Cendekia Medika: Jurnal Stikes Al-Ma`arif Baturaja, 8(1), 64–72. https://doi.org/10.52235/cendekiamedika.v8i1.214

CNBC Indonesia. (2024). Krisis Dokter! Semengerikan Apa Sektor Kesehatan RI? Https://Www.Cnbcindonesia.Com/. https://www.cnbcindonesia.com/research/20240503134537-128-535541/krisis-dokter-semengerikan-apa-sektor-kesehatan-ri

Endartiwi, S. S., & Setianingrum, P. D. (2019). Health Care Quality has Correlation with Participant Satisfaction of NHIin the Primary Health Facilities in the Province of Yogyakarta. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 22(3), 158–166.

Fahrepi, R., Rate, S., & Hadi, A. J. (2019). Hubungan Kualitas Pelayanan Homecare dengan tingkat Puskesmas Batua Kota Makassar The Relation Of Home Care Service Quality And Family ’ s Patient Statisfaction In Batua Public Health Center Jobs Area , Makassar City. PROMOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(0451), 122–128. https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/PJKM/article/viewFile/589/482

Fatima, T., Malik, S. A., & Shabbir, A. (2018). Hospital healthcare service quality, patient satisfaction and loyalty: An investigation in context of private healthcare systems. International Journal of Quality and Reliability Management, 35(6), 1195–1214. https://doi.org/10.1108/IJQRM-02-2017-0031

Gnanvi, J. E., Yanchar, N., Freire, G., Beaulieu, E., Tardif, P. A., Bérubé, M., Macpherson, A., Pike, I., Zemek, R., Gagnon, I. J., Carsen, S., Gabbe, B., Gnanou, S., Duval, C., & Moore, L. (2024). Social determinants of health and disparities in pediatric trauma care: protocol for a systematic review and meta-analysis. Systematic Reviews, 13(1), 1–6. https://doi.org/10.1186/s13643-024-02510-7

Handayani, S. (2016). The Level of Patient Satisfaction With Health Services in Baturetno Health Centers. Profesi, 14(1), 42–48.

Hasibuan, S., Rodliyah, I., Thalhah, S. Z., Ratnaningsih, P. W., & E, A. A. M. S. (2022). Media penelitian kualitatif. In Jurnal EQUILIBRIUM (Vol. 5, Issue January). http://belajarpsikologi.com/metode-penelitian-kualitatif/

Indriani, E., Larasati, E., & Lestari, H. (2016). Analisis Kepuasan Atas Kualtas Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Semarang. 1–23.

Ismiyarto. (2019). Inovasi dan pelayanan publik. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 1–6.

Istiqomah, A. S., Cahyawati, W. A. S. N., & Panghiyangani, R. (2022). Hubungan Kadar Albumin, Limfosit, dan Komorbiditas dengan Lama Rawat Inap. Homeostasis, 5(2), 381–390. https://doi.org/10.20527/ht.v5i2.6286

Jejak Kasus. (2024). Komisi IV DPRD Pringsewu Panggil Manajemen RSUD Terkait Penolakan Pasien Akibat Kekurangan Alat Medis - Jejak Kasus. Https://Jejakkasus.Info/. https://jejakkasus.info/komisi-iv-dprd-pringsewu-panggil-manajemen-rsud-terkait-penolakan-pasien-akibat-kekurangan-alat-medis/

Kompas. (2023). Kapasitas Riset Farmasi dan Alat Kesehatan Perlu Diperkuat - Kompas.id. Https://Www.Kompas.Id/. https://www.kompas.id/baca/humaniora/2023/08/07/kapasitas-riset-farmasi-dan-alat-kesehatan-perlu-diperkuat

Koran Kaltim. (2023). Pasien Mengeluh, Fasilitas RSUD Abdul Rivai Berau Dianggap Kurang Layak, DPRD Minta Percepatan Pengembangan | Korankaltim.com. Https://Korankaltim.Com/. https://korankaltim.com/read/berau/66527/pasien-mengeluh-fasilitas-rsud-abdul-rivai-berau-dianggap-kurang-layak-dprd-minta-percepatan-pengembangan

Lamesgen, A., Mengist, B., Mazengia, E. M., & Endalew, B. (2024). Level of technical efficiency and associated factors among health centers in East Gojjam Zone, Northwest Ethiopia: an application of the data envelopment analysis. BMC Health Services Research, 24(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/s12913-024-10843-1

Motamedi, M., Degeling, C., & M. Carter, S. (2024). Patients’ perspectives on quality and patient safety failures: lessons learned from an inquiry into transvaginal mesh in Australia. BMC Health Services Research, 24(1), 1–11. https://doi.org/10.1186/s12913-024-10791-w

Pambudi, A. S., & Hidayat, R. (2022). Kinerja Pengawasan Pelayanan Publik dalam Prioritas Nasional. Bappenas Working Papers, 5(2), 270–289. https://doi.org/10.47266/bwp.v5i2.131

Prakoso, B. S. (2015). Efektivitas Pelayanan Kesehatan BPJS Di Puskesmas Kecamatan Batang. Economics Development Analysis Journal, 4(1), 73–81. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edaj

Pundenswari, P. (2017). Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik bidang Kesehatan terhadap Kepuasan Masyarakat. Jurnal Publik : Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Administrasi Negara, 11(1), 13–21. www.jurnal.uniga.ac.id

Purba, S. R. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dokter Terbaik di Dinas Kesehatan Kab. Simalungun Menggunakan Metode MABAC. Pelita Informatika : Informasi Dan Informatika, 9(2), 129–135.

Pusat Komunikasi Publik Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. (2024). Dasar Hukum Jaminan Kesehatan – Sehat Negeriku. Https://Sehatnegeriku.Kemkes.Go.Id/. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20131227/009480/dasar-hukum-jaminan-kesehatan/

Putra, A. K. M., Sholehah, B., Handoko, Y. T., & Rahman, H. F. (2022). Hubungan Waktu Tanggap (Respon Time) Dengan Kepuasan Pelayanan Kegawatdaruratan Pada Pasien Asma Di Unit Gawat Darurat. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 4(2), 713–720.

Riani, N. K. (2021). Strategi Peningkatan Pelayanan Publik. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2021. https://doi.org/10.1080/09638288.2019.1595750%0Ahttps://doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttp://dx.doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ridd.2020.103766%0Ahttps://doi.org/10.1080/02640414.2019.1689076%0Ahttps://doi.org/

Setianingsih, A., & Susanti, A. S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit “S.” Menara Medika, 4(1), 22–27.

Setiawan, D., Fauziah, F., Edriani, M., & Gurning, F. P. (2022). Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan Program Jaminan Kesehatan Nasional . Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12869–12873.

Shabbir, A., Malik, S. A., & Malik, S. A. (2016). Measuring patients’ healthcare service quality perceptions, satisfaction, and loyalty in public and private sector hospitals in Pakistan. International Journal of Quality and Reliability Management, 33(5), 538–557. https://doi.org/10.1108/IJQRM-06-2014-0074

Shi, C., Dumville, J., Rubinstein, F., Norman, G., Ullah, A., Bashir, S., Bower, P., & Vardy, E. R. L. C. (2024). Inpatient-level care at home delivered by virtual wards and hospital at home: a systematic review and meta-analysis of complex interventions and their components. BMC Medicine, 22(1), 1–18. https://doi.org/10.1186/s12916-024-03312-3

Sulaeman, E. S., Murti, B., & Waryana, W. (2015). Peran Kepemimpinan, Modal Sosial, Akses Informasi serta Petugas dan Fasilitator Kesehatan dalam Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan. Kesmas: National Public Health Journal, 9(4), 353. https://doi.org/10.21109/kesmas.v9i4.749

Syafingi, H. M. (2017). Konstitusionalitas Standar Pelayanan Minimal. Jurnal Hukum Novelty, 8(2), 216. https://doi.org/10.26555/novelty.v8i2.a7020

Utomo, A. Y. S., Bagoes Widjanarko, & Zahroh Shaluhiyah. (2023). Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit : Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(9), 1708–1714. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i9.3720

Wahyuni, N. (2021). Analisis Implementasi Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan Di Puskesmas Curug, Kota Serang. Journal of Baja Health Science, 1(02), 179–190. https://doi.org/10.47080/joubahs.v1i02.1501

Yarmak, V., & Rollnik-Sadowska, E. (2022). Evaluation of the healthcare service quality — implementation of SERVQUAL method. Marketing i Rynek, 2022(10), 19–32. https://doi.org/10.33226/1231-7853.2022.10.2

Zudi, M., Suryoputro, A., & Arso, S. P. (2021). Analisis Implementasi Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan Di Puskesmas Guntur I Kabupaten Demak. JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama, 8(2), 165. https://doi.org/10.31596/jkm.v8i2.681

Anggela Putri, S. N. (2022). Optimalisasi Kualitas Pelayanan Publik Dengan Program Kalimasada Melalui Aplikasi Klampid Di Kelurahan Nginden Jangkungan. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1112–1117. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5396

Downloads

Published

2024-12-03

How to Cite

Diyah Karunia, Husein, R., Nurmandi, A., & Fridayani, H. D. (2024). Analisis Tantangan Layanan Kesehatan Publik di Indonesia : Menuju World Class Public Services 2025. NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 6(1), 18–31. https://doi.org/10.52423/neores.v6i1.307