Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Electronic Government Melalui Website Pindang Cemplung di Kabupaten Jepara Tahun 2022-2023

Authors

  • Aprilia Shafinatuz Zahwa Universitas Padjadjaran
  • Muradi Universitas Padjadjaran
  • Neneng Yani Yuningsih Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.52423/neores.v5i2.291

Keywords:

E-Government, Pelayanan Administrasi Kependudukan, Pindang Cemplung

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami, mendeskripsikan, dan menganalisis bagaimana pelayanan administrasi kependudukan berbasis e-government melalui website Pindang Cemplung di Kabupaten Jepara tahun 2022-2023 berdasarkan tiga elemen sukses pengembangan e-government menurut hasil kajian dan riset dari Harvard JFK School of Government. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pemaparan yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka dan studi lapangan dengan menggunakan obsevasi, wawanacara, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan administrasi kependudukan berbasis e-government melalui website Pindang Cemplung di Kabupaten Jepara tahun 2022-2023 masih belum dapat memenuhi elemen sukses secara optimal. Berdasarkan hasil penelitian, masih dibutuhkan sosialisasi yang menyeluruh dan konsisten kepada masyarakat, diperlukan sumber daya manusia yang kompeten, dan manfaat yang dirasakan oleh masyarakat dengan adanya Pindang Cemplung sudah dapat dirasakan meski belum secara optimal.

References

Alhamid, T., & Anufia, B. (2019). Resume: Instrumen pengumpulan data. Sorong: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

Azizah, N. (2016). Ir-perpustakaan universitas airlangga. Ir-Perpustakaan Universitas AIRLANGGA, (2019), 12–31.

DWITA, P. B. (2022). Implementasi Prinsip Check And Balance Antara Badan Permusyawaratan Desa Dan Pemerintah Desa Bukit Kemuning Dalam Pembuatan Peraturan Desa Berdasarkan Uu Nomor 6 Tahun 2014 Dalam Perspektif Siyasah Dusturiyah. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Firman, F. (2020). Peranan Badan Permusyawaratan Desa dalam Penyelenggaraan Pemerintahan di Desa. Al-Ishlah: Jurnal Ilmiah Hukum, 23(1), 39–52. doi:10.56087/aijih.v23i1.35

Hajar, S. (2021). Pemerintahan desa dan kualitas pelayanan publik (Vol. 1). umsu press. Retrieved from http://umsupress.umsu.ac.id

Haryono, C. G. (2020). Ragam metode penelitian kualitatif komunikasi. CV Jejak (Jejak Publisher).

Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21–46.

Moha, I. (2019). Resume Ragam Penelitian Kualitatif.

Nasir, M. (2022). Meraih Kinerja Pegawai Melalui Disiplin Jam Kerja, 4(1), 12–25.

Octaviani, R., & Sutriani, E. (2019). Analisis data dan pengecekan keabsahan data.

Pendi. (2017). Menjalankan Pengawasan Terhadap Pemerintahan Desa Sebulu Modern Kecamatan Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara. EJournal Administrasi Negara, 5, 6119–6128.

Roza, D., & Arliman, L. (2017). Peran badan permusyawaratan desa di dalam pembangunan desa dan pengawasan keuangan desa. PADJADJARAN Jurnal Ilmu Hukum (Journal of Law), 4(3), 606–624.

Sudirman, F. A., & Saidin, S. (2022). Pemerintahan Berbasis Elektronik (E-Government) dan Pembangunan Berkelanjutan: Reviu Literatur Sistematis: Reviu Literatur Sistematis. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 21(1), 44-58.

Sudirman, F. A. (2023). Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dan Sdgs: Review Literatur Sistematis. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi, 8(2), 273-288.

Sadiyah, A. H. (2023). Peran Badan Permusyawaratan Desa (Bpd) Dalam Menampung Dan Menyalurkan Aspirasi Masyarakat Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa (Studi Kasus di Desa Dawuan Kabupaten Majalengka). FKIP UNPAS.

SARI, T. P. (2021). Implementasi Permendagri No.110 Tahun 2016 Tentang Badan Permusyawaratan Desa (Bpd) Terhadp Kedudukan Keterwakilan Perempuan Dalam Pemilihan Badan Permusyawaratn Desa Di Tinjau Dari Fiqh Siyasah, (July), 4.

Widanti, N. P. T. (2022). Konsep Good Governance dalam Perspektif Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Abdimas Peradaban, 3(1), 73–85. doi:10.54783/ap.v3i1.11

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Zahwa, A. S., Muradi, & Yuningsih, N. Y. (2024). Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Electronic Government Melalui Website Pindang Cemplung di Kabupaten Jepara Tahun 2022-2023. NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 5(2), 997–1013. https://doi.org/10.52423/neores.v5i2.291

Issue

Section

Articles