Implementasi Kebijakan Electronic Traffic Law Enforcement dalam Menurunkan Pelanggaran Lalu Lintas di Kota Surabaya

Authors

  • Winda Elmira Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Rosyidatuzzahro Anisykurlillah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.52423/neores.v6i1.289

Keywords:

E-TLE, Implementasi, Lalu Lintas, Surabaya

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi implementasi kebijakan Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) dalam menurunkan tingkat pelanggaran lalu lintas di Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan E-TLE telah memberikan kontribusi cukup signifikan dalam menurunkan tingkat pelanggaran lalu lintas di Kota Surabaya. Sistem ini memungkinkan pemantauan dan penegakan hukum lalu lintas secara efisien menggunakan teknologi kamera dan perangkat elektronik lainnya. Namun demikian, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan dalam implementasi kebijakan E-TLE, termasuk masalah teknis dalam operasionalisasi sistem hingga kontribusi masyarakat terutama ada aspek kesadaran yang kurang maksimal terhadap kebijakan ini. Kesimpulannya, meskipun masih ada beberapa hambatan yang perlu diatasi, implementasi kebijakan E-TLE telah membuktikan sebagai strategi yang cukup efektif dalam menurunkan tingkat pelanggaran lalu lintas di Kota Surabaya. Oleh karena itu, rekomendasi diberikan untuk terus meningkatkan infrastruktur teknologi, melakukan sosialisasi yang lebih luas, serta memperkuat koordinasi antarinstansi guna mendukung keberlanjutan dan kesuksesan kebijakan ini.

References

Asmara, A., Wahyurudhanto, A., & Sutrisno. (2019). Penegakan Hukum Lalu Lintas Melalui Sistem e-Tilang Agung Asmara A Wahyurudhanto Sutrisno. Jurnal Ilmu Kepolisian, 13(3), 187–202.

Bagasatwika, A. (2020). Electronic Traffic Law Enforcement: Is it Able to Reduce Traffic Violations? Unnes Law Journal, 6(1), 73–96. https://doi.org/10.15294/ulj.v5i1.28642

Bešinović, N. (2020). Resilience in railway transport systems: a literature review and research agenda. Transport Reviews, 40(4), 457–478. https://doi.org/10.1080/01441647.2020.1728419

Chrisyanti, D. I. (2011). Manajemen Kesekretariatan (viii). Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset Memilih diantara Lima Pendekatan (3rd ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dodiawan. (2021). Implementasi Electronic Traffic Law Enforcement Nasional Dalam Rangka Penegakan Hukum Terhadap Pelanggaran Lalu Lintas di Satlantas Polres Blora. Universitas Islam Sultan Agung.

Wijaya, Candra, M. P. (2017). Perilaku Organisasi (1st ed.; M. P. Nasrul Syakur Chaniago, Ed.). Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI). Retrieved from https://scholar.google.co.id/citations?user=lSvC8YYAAAAJ&hl=id

Ekandana, M. R., & Tauran. (2022). Implementasi Program Eelectronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) di Kota Surabaya. Publika, 11(1), 1605–1616.

Istianto, B., Suharti, E., & Ismaryati, E. (2019). Transportasi Jalan Di Indonesia. Depok: Melvana.

Kurnia Wahyu, A., & Tukiman, T. (2022). Efektivitas Program E-TLE Dalam Menangani Pelanggaran Lalu Lintas di Kota Surabaya. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, 8(3), 339–346. https://doi.org/10.29303/jseh.v8i3.126

Lexy, J. M. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi (24th ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Meesit, R., & Andrews, J. (2019). Optimising rail-replacement bus services during infrastructure possessions. Infrastructure Asset Management, 1–16.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis (3rd ed.; H. Salmon, Ed.). United States of America: SAGE Publications.

Ramadhan, I., Kurniawan, A., & Putra, A. S. (2021). Penentuan Pola Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas di DKI Jakarta Menggunakan Metode Analytic Network Process (ANP). IKRA-ITH INFORMATIKA : Jurnal Komputer Dan Informatika, 5(1), 51–57. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/article/view/913

Subarsono. (2021). Analisis Kebijakan Publik (X). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryani, E., Hendrawan, R. A., Adipraja, P. F. E., Wibisono, A., & Dewi, L. P. (2021). Urban mobility modeling to reduce traffic congestion in Surabaya: a system dynamics framework. Journal of Modelling in Management, 16(1), 37–39.

Downloads

Published

2024-12-03

How to Cite

Elmira, W., & Anisykurlillah, R. (2024). Implementasi Kebijakan Electronic Traffic Law Enforcement dalam Menurunkan Pelanggaran Lalu Lintas di Kota Surabaya. NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 6(1), 75–90. https://doi.org/10.52423/neores.v6i1.289