Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan di Unit Instalasi Gawat Darurat (IGD) BLUD RS Bahteramas Tahun 2024

Authors

  • Ariyanti Universitas Halu Oleo
  • Yusuf Sabilu Universitas Halu Oleo
  • La Ode Muhammad Sety Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.52423/neores.v5i2.284

Keywords:

Kualitas Pelayanan Kesehatan, Unit Instalasi Gawat Darurat

Abstract

Instalasi Gawat Darurat merupakan pelayanan 24 jam di depan yang harus dilayani dengan cepat dan professional dengan kedatangan pasien dari berbagai tingkat kegawatan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kesehatan di Unit Instalasi Gawat Darurat (IGD) BLUD RS Bahteramas tahun 2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian adalah seluruh pasien yang pernah menggunakan layanan Instalasi Gawat Darurat BLUD RS Bahteramas tahun 2023 yang berjumlah 14.738 orang. Jumlah sampel yang ditetapkan adalah sebanyak 99 orang menggunakan metode simple random sampling. Hasil uji pengaruh keadaan fisik terhadap kualitas pelayanan kesehatan diperoleh nilai chi square = 0,000, keandalan terhadap kualitas pelayanan kesehatan diperoleh nilai chi square = 0,004, ketanggapan terhadap kualitas pelayanan kesehatan diperoleh nilai chi square = 0,002, jaminan keamanan terhadap kualitas pelayanan kesehatan diperoleh nilai chi square = 0,000, kepedulian terhadap kualitas pelayanan kesehatan diperoleh nilai chi square = 0,000.

References

Adisasmito, W. (2017). Sistem Manajemen Lingkungan Rumah Sakit. Depok: PT Raja Grafindo Perkasa.

Ahmad, H., & Napitupulu, M. (2021). Hubungan mutu pelayanan kesehatan terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Mangasa Kota Makassar. Jurnal Kesehat Ilm Indones (Indonesian Health Sci Journal), 6(2), 193.

Aini, R., et al. (2021). Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Terakreditasi di Kota Padang. Human Care Journal, 6(1), 139–145. Retrieved from https://ojs.fdk.ac.id/index.php/humancare/article/view/1090.

Amrullah, H., Satibi, S., & Fudholi, A. (2020). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Menggunakan Metode Servqual Berdasarkan Status Akreditasi di Kabupaten Ogan Komering Ilir. Majalah Farmaseutik, 16(2), 193. https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v16i2.53647.

Andini, N. A. (2019). Hubungan waktu tanggap pelayanan kegawatdaruratan dengan tingkat kepuasan keluarga pasien di IGD Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panakkukang Program Studi S1 Keperawatan Makassar.

Anggrianni, S., Adji, I. S., Mustofa, A., & Wajdi, M. F. (2017). Kepuasan pasien rawat inap dan rawat jalan terhadap pelayanan gizi pasien diet diabetes melitus. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 19(1), 74–83.

Anindita, S. (2018). Hubungan Penerapan Komunikasi Efektif Perawat dengan Kepuasan Pasien di RSUD Dr. Adnaan WD Payakumbuh. Universitas Andalas.

Andriani, A. (2017). Hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di ruangan poli umum Puskesmas Bukittinggi. Journal Endurance, 2(1), 45–52.

Anzar, M., Afni, N., & Afaldi, M. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Tinombo. Jurnal Kolaboratif Sains, 6(7), 765-772.

Arianto, N., & Setiawan, A. (2020). Pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah. Jurnal Ilmiah Feasible (JIF), 2(1), 27–37.

Arya Vemasari. (2019). Analisis implementasi standar pelayanan minimal (SPM) di IGD RSU Mayjen H.A Thalib Kabupaten Kerinci.

Azwar, A. (2019). Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan Aplikasi Prinsip Lingkaran Pemecahan Masalah. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Buchari Alma. (2017). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: ALFABETA.

Deli, H. et al. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi length of stay (Los) pasien anak di instalasi gawat darurat (IGD). Link, 16(1), 59–65. doi: 10.31983/link.v16i1.5719.

Delinda, N., Halimuddin, & Nurhidayah, I. (2021). Length of stay pasien di instalasi gawat darurat. JIM FKep, 5(1), 179–191.

Devi, P. O., & Yusuf, R. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Massa Coffee Shop Bandung. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), 228–232.

Erwin Darma, Cicilia Windiyaningsih, & Syarief Hasan Lutfie. (2021). Pengaruh pengantar pasien, kondisi pasien, dan beban kerja tenaga kesehatan IGD terhadap waktu tanggap di IGD RSIA Bunda Aliyah Jakarta tahun 2020. Jurnal Manajemen Dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 5(1), April 2021.

Fahrozy, A. (2020). Hubungan kualitas pelayanan rumah sakit dengan kepuasan pasien pengguna BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. PSIKOBORNEO, 5, 118–124. Retrieved from ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id

Ferial, L., & Wahyuni, N. (2022). Mutu pelayanan kesehatan meningkat dengan menerapkan keselamatan pasien di Puskesmas. Journal of Baja Health Science, 2(01), 36–46. https://doi.org/10.47080/joubahs.v2i01.1895.

Fitriani, L., Nur, A., Rahayu., Jinan, R, Selviana, R., Rahman, F., & Laily, N. (2021). Keputusan pemilihan pelayanan pengobatan ditinjau dari karakteristik individu dan aksesibilitas. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat Indonesia, 2(1), 67–75.

Gobel, Y., Wahidin, W., & Muttaqin, M. (2018). Kualitas pelayanan kesehatan instalasi gawat darurat rumah sakit umum daerah Kota Makassar. Jurnal Administrasi Negara, 24(3), 177-188.

Gultom, R. e. (2021). Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien BPJS di rumah sakit Bhayangkara TK III Tebing Tinggi. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 7(2), 1281-1296.

Gurning, F. P. (2018). Dasar Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Masyarakat

Gusti Suciati, Chairil Zaman, & Erma Gustina. (2023). Analisis kepuasan pasien terhadap pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Mohamad Rabain Kabupaten Muara Enim tahun 2022. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 11(1), April 2023.

Hidayat, E., Wibowo, H., & Wardana, M. (2021). Analisis kualitas pelayanan klinik dengan metode importance performance analysis (IPA). Jurnal Rekayasa, Teknologi, dan Sains, 5(1), 25-28.

Iman, A., & Lena, D. (2017). Manajemen Mutu Informasi Kesehatan I: Quality Assurance. Jakarta: Kemenkes RI.

Imron. (2019). Analisa pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen menggunakan metode kuantitatif pada CV. Meubel Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering, 5(1), 19-28.

Irman, O. (2018). Hubungan length of stay dengan kepuasan keluarga pasien prioritas satu di IGD RSUD dr. Hendrikus Fernandez Larantuka. Hubungan Length Of Stay Dengan Kepuasan Keluarga Pasien Prioritas Satu Di Igd Rsud Dr. Hendrikus Fernandez Larantuka, 3(2), 135–141.

Isrofah, Indriono, A., & Setiyarso, T. (2020). Hubungan response time pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien di instalasi gawat darurat (IGD) RSUD Batang. Jurnal Riset, Inovasi Dan Teknologi, 4(2549–6948), 19–29.

Jainurakhma, J., Hariyanto, S., Mataputun, D. R., Silalahi, L. E., Koerniawan, D., Rahayu, C. E., Siagian, E., Umara, A. F., Madu, Y. G., Rahmiwati, R., & others. (2021). Asuhan Keperawatan Gawat Darurat. R. Watrian. Yayasan Kita Menulis.

Kemenkes RI. (2018). Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Kegawatdaruratan. Mentri Kesehatan Republik Indonesia.

Khairani, M., Salviana, D., & Bakar, A. (2021). Kepuasan pasien ditinjau dari komunikasi perawat-pasien. Jurnal Penelitian Psikologi, 12(1), 9-17.

Kusumaningrum, P. R., & Winarti, A. (2020). Hubungan length of stay (LOS) pasien dengan kepuasan pelayanan keperawatan. Urecol, (2), 453–457.

Laeliyah, N., & Subekti, H. (2017). Waktu tunggu pelayanan rawat jalan dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan di rawat jalan RSUD 81 Kabupaten Indramayu. Jurnal Kesehatan Vokasional, 1(2), 102. https://doi.org/10.22146/jkesvo.27576

Lubis, A., & Andayani, N. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan (service quality) terhadap kepuasan pelanggan PT. Sucofindo Batam. Journal Of Business Administration, 1(2), 232-243.

Mardiana, N., Chotimah, I., & Dwimawati, E. (2022). Faktor-faktor pemanfaatan pelayanan kesehatan di Puskesmas Parung selama masa pandemic covid-19 tahun 2021. Promotor Jurnal Mahasiswa Kesehatan, 5(1), 59-74.

Marmeam. (2021). Faktor yang memengaruhi kepuasan pasien rawat jalan di rumah sakit umum daerah Dr. Zubir Mahmud Kabupaten Aceh Timur tahun 2017. Jurnal Ilmiah Penelitian Kesehatan, 3, 16–27. Retrieved from http://jurnal.uinsu.ac.id

Murdiatama, D., Rifai, A., & Anggraeni, I. (2021). The effect of the quality of health services on the satisfaction of patients at the East Langsa Community Health Center. J La Medihealtico, 2(1), 32–46.

Murniaty, E., Hartati, C. S., & Putro, G. (2019). Analisis kepuasan pasien di klinik HJ. Tarpianie Sidoarjo. Jurnal Manajerial Bisnis, 2(01), 14-29.

Mutmainnah, A. (2019). Faktor-faktor yang berhubugnan dengan lenght of stay (LOS) pasien di instalasi gawat darurat RSU-Wisata UIT Makassar. Stikes Panakkukang Makassar.

Mutmainnah, U., Ahri, R., & Arman. (2021). Analisis faktor yang berhubungan dengan mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSUP. Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar 2020. Journal of Muslim Community Health, 2(1), 52-74.

Negasi, K. B., et al. (2022). Length of stay in the emergency department and its associated factors among pediatric patients attending Wolaita Sodo University Teaching and Referral Hospital, Southern, Ethiopia. BMC Emergency Medicine, 22(1), 1–11. doi: 10.1186/s12873-022-00740-3.

Nur'aeni, R., Simanjorang, A., & Jamaluddin. (2020). Pengaruh mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Izza Karawang. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 6(2), 1097-1112.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (2009). Model service its quality and implications for future. Journal of Marketing, 49(4), 41–50.

Pathak, P. (2020). An analysis of outpatients' perceived service quality and satisfaction in selected private hospitals of Kathmandu. Journal of Business and Social Sciences Research, 2, 69–84. Retrieved from www.nepjol.info

Prahmawati, P., Rahmawati, A., & Kholina. (2021). Hubungan response time perawat dengan pelayanan gawat darurat di instalasi gawat darurat RSUD Demang Sepulau Raya Lampung Tengah. Wacana Kesehatan, 6(2), 69–79.

Ramadhan, B., Rahmiati, & Maulana, A. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap rumah sakit Semen Padang. Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha, 1(1), 314-322.

Renaldi, R. (2021). Analisis mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien di poli umum Puskesmas Siak Hulu li Kabupaten Kampar tahun 2017. Collaborative Medical Journal, Volume 1, Number 2

Rizal, A., & Agus Jalpi. (2018). Analisis faktor internal penentu kepuasan pasien Puskesmas Kota Banjarmasin. Al Ulum Sains Dan Teknologi, 4(1), 1–6.

Selvy Afrizoa, I. B. (2021). Hubungan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Sepatan. Nursing Practice and Education, 01(02).

Siregar, I. H. (2020). Pengaruh kerja tim, komunikasi, dan budaya keselamatan pasien terhadap capaian sasaran keselamatan pasien (Suatu survei pada instalasi rawat inap Rumah Sakit X).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sutoto, Atmodjo D. (2018). Instrumen survei standar nasional akreditasi rumah sakit. Edisi Pertama. Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), Jakarta

Tjiptono, F. (2017). Manajemen Pemasaran Jasa, PT Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta

Vanchapo, A. R. (2022). Mutu pelayanan kesehatan dan kepuasan pasien. Penerbit : Tata Mutiara Hidup Indonesia (Issue October).

Wahab, A. E., Jak, Y., & Germas Kodyat, A. (2021). Analisis faktor- faktor yang berhubungan dengan length of stay (LOS) pasien rawat inap di instalasi gawat darurat RSUD Cibinong. Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI), 5(2), 207–220. doi: 10.52643/marsi.v5i2.1746.

Wahid, D., & Romadani, D. (2021). Analisis indeks kepuasan masyarakat dari pelayanan Puskesmas Lubuk Landai Kabupaten Bungo. Jurnal Manajemen Sains, 1(1). https://doi.org/10.36355/jms.v1i1.479

Yulianto, Sri Yanthy Yosepha. (2022). Pengaruh citra dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien RS Tk. IV Cijantung Kesdam Jaya Jakarta. Jurnal Ilmiah M-Progress, 12(2), Juni 2022.

Downloads

Published

2024-05-15

How to Cite

Ariyanti, Sabilu, Y., & Sety, L. O. M. (2024). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan di Unit Instalasi Gawat Darurat (IGD) BLUD RS Bahteramas Tahun 2024. NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 5(2), 807–825. https://doi.org/10.52423/neores.v5i2.284

Issue

Section

Articles