Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelayanan Kesehatan : Metode Servqual di Puskesmas Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kota Kendari

Authors

  • Usman Universitas Halu Oleo
  • Yusuf Sabilu Universitas Halu Oleo
  • I Made Christian Binekada Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.52423/neores.v5i2.283

Keywords:

Kepuasan Pelayanan Kesehatan, Metode Servqual

Abstract

Kualitas pelayanan yang baik bukan hanya dilihat dalam hal pelayanan saja, namun tercermin dari fasilitas yang baik serta aparatur pelayanan dan penunjang pelayanan yang lain. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi kepuasan pelayanan kesehatan dengan metode servqual di Puskesmas wilayah kerja Dinas Kesehatan Kota Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian adalah seluruh pasien rawat jalan di Puskesmas di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kota Kendari tahun 2022 yang berjumlah 63.310 orang. Jumlah sampel yang ditetapkan adalah sebanyak 100 orang menggunakan metode Proportional Random Sampling. Teknik ini digunakan karena populasinya tidak homogen. Hasil uji pengaruh keadaan fisik terhadap kepuasan pelayanan kesehatan diperoleh nilai chi square = 0,000, keandalan terhadap kepuasan pelayanan kesehatan diperoleh nilai chi square = 0,003, ketanggapan terhadap kepuasan pelayanan kesehatan diperoleh nilai chi square = 0,002, jaminan kemanan terhadap kepuasan pelayanan kesehatan diperoleh nilai chi square = 0,000, kepedulian terhadap kepuasan pelayanan kesehatan diperoleh nilai chi square = 0,000.

References

Achmad Rizal, A. J. (2018). Analisis faktor yang internal penentu kepuasan pasien puskesmas Kota Banjarmasin. Vol.4(1), 6.

Adhari, I. Z. (2021). Kepuasan Pelanggan & Pencapaian Brand Trust (Vol. 1). CV. Penerbit Qiara Media..

Afrioza, S., & Baidillah, I. (2021). Hubungan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di puskesmas Sepatan. J Nurs Pract Educ, 1(2), 169-180.

Ahmad, F. (2019). Pengaruh persepsi mutu pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien di puskesmas Titi Papan Kecamatan Medan Deli Tahun 2019. (PhD Thesis). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Ahmad, H., & Napitupulu, M. (2021). Hubungan mutu pelayanan kesehatan terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan di puskesmas Mangasa Kota Makassar. J Kesehat Ilm Indones, 6(2), 193.

Andriani, A. (2017). Hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di ruangan poli umum puskesmas Bukittinggi. Journal Endurance, 2(1), 45-52.

Anwary, A. Z. (2020). Hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di puskesmas Durian Gantang Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Kebidanan dan Keperawatan, 11(12).

Anindita, S. (2018). Hubungan penerapan komunikasi efektif perawat dengan kepuasan pasien di RSUD Dr. Adnaan WD Payakumbuh. Universitas Andalas.

Arianto, N., & Setiawan, A. (2020). Pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah. Jurnal Ilmiah Feasible (JIF), 2(1), 27-37.

Azwar, A. (2019). Menjaga mutu pelayanan kesehatan: Aplikasi prinsip lingkaran pemecahan masalah. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Devi, P. O., & Yusuf, R. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Massa Coffee Shop Bandung. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), 228-232.

Gomoi, N. J., Tampi, J. R., & Punuindoong, A. Y. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan pengalaman konsumen terhadap kepuasan konsumen (pasien) rawat inap Irina C Rumah Sakit Umum Pusat Prof. Dr. RD Kandou Manado. Productivity, 2(6), 507-510.

Gultom, R. E. (2021). Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien BPJS di Rumah Sakit Bhayangkara TK III Tebing Tinggi. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 7(2), 1281-1296.

Hanggraningrum, M., Hariyanti, T., & Rudijanto, A. (2017). The effect of service quality on outpatient satisfaction of Dr. Soegiri General Hospital Lamongan. Journal of Applied Management, 15(4), 643-648.

Harun, H. (2019). Analisis faktor yang mempengaruhi mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien di puskesmas rawat inap Kabupaten Pasaman. Hum Care J, 4(3), 138.

Hasibuan, R. (2020). Bahan ajar administrasi dan kebijakan kesehatan. J Adm Kesehat Indones, 156-159.

Hermansyah, Darmana, Ayi, & Nur'aini. (2019). Analisis faktor yang memengaruhi kualitas pelayanan kesehatan dengan metode SERVQUAL di puskesmas wilayah kerja dinas kesehatan Aceh Timur. Jurnal Manajemen dan Kesehatan, 12(1), 154-165.

Irwansyah, M. (2021). Analisis kualitas pelayanan dan tingkat kepuasan pelanggan terhadap minat beli di situs E-Commerce Bukalapak. Jurnal Ilmiah Kohesi, 4(3), 156-167.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (2009). Model service its quality and implications for future. Journal of Marketing, 49(4), 41-50.

Ramadhan, B., Rahmiati, & Maulana, A. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap Rumah Sakit Semen Padang. Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha, 1(1), 314-322.

Riandi, R. (2018). Hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di puskesmas Wonorejo Samarinda Tahun 2018. Retrieved April 2022, from http://www.umkt.ac.id

Riduwan. (2018). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.

Saleh, A. R., Sumarni, E., & Safitri, S. R. (2018). Kajian analisis kepuasan pelanggan pada layanan perpustakaan Badan Standardisasi Nasional. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 13(2), 8-15.

Sedjati, R. S. (2018). Manajemen pemasaran. Deepublish.

Selvy Afrizoa IB. (2021). Hubungan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di puskesmas Sepatan. Nurs Pract Educ, 1(2).

Sesrianty, V., Machmud, R., & Yeni, F. (2019). Analisa kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan keperawatan. Jurnal Kesehatan Perintis, 6(2), 116-126.

Sri Purwiningsih. (2021). Persepsi pasien tentang mutu pelayanan kesehatan di puskesmas Tonus. Kesmas IJ (Indonesia Jaya), 21(2).

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sultan Saribulang. (2018). Kualitas pelayanan BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Tenriawaru Kabupaten Bone. Bone: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Hasanuddin.

Tangdilambi, N., Badwi, A., & Alim, A. (2019). Hubungan kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat jalan RSUD Makassar. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS Dr. Soetomo, 5(2), 165-181.

Tiara, M., Rufaidah, E., & Rizal, Y. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, pengalaman pelanggan, dan kemudahan penggunaan terhadap kepuasan pelanggan. JEE (Jurnal Edukasi Ekobis), 8(1).

Vanchapo, A. R. (2022). Mutu pelayanan kesehatan dan kepuasan pasien. Penerbit: Tata Mutiara Hidup Indonesia (Issue October).

Wardiah, R. (2021). Hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di RSUD dr. Rasidin Padang. Jurnal Human Care, 6(1), 225-231.

WHO - World Health Organization. (2020). The world health report 2020: Research for universal health coverage. World Health Organization Press, 146.

Yunevy, E. (2017). Analisis kepuasan berdasarkan persepsi pasien di puskesmas Medokan Ayu Surabaya. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 1(1), January-March.

Downloads

Published

2024-05-15

How to Cite

Usman, Sabilu, Y., & Binekada, I. M. C. (2024). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelayanan Kesehatan : Metode Servqual di Puskesmas Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kota Kendari. NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 5(2), 790–806. https://doi.org/10.52423/neores.v5i2.283

Issue

Section

Articles