Implementasi Angkutan Feeder WiraWiri Sebagai Sarana Transportasi Publik Penunjang Mobilitas Masyarakat di Kota Surabaya

Authors

  • Fanny Amanda Soetikno Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" jawa Timur
  • Tukiman Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.52423/neores.v5i2.277

Keywords:

Implementasi, Pengumpan, Transportasi Publik, WiraWiri

Abstract

Pemerintah Kota Surabaya memperkenalkan WiraWiri Suroboyo sebagai sarana angkutan pengumpan untuk mendukung mobilitas masyarakat di kota tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan dan menganalisis implementasi angkutan Feeder WiraWiri guna mendukung mobilitas masyarakat di Surabaya. Fokus penelitian menggunakan teori model implementasi G. Shabbir Cheema dan Dennis A. Rondinelli, yang mencakup kondisi lingkungan, hubungan antar organisasi, sumber daya organisasi, serta karakteristik dan kemampuan agen pelaksana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi telah berjalan, tetapi belum optimal. Meskipun hubungan organisasi di Dinas Perhubungan Kota Surabaya sudah berjalan dengan maksimal dan komunikasi terbagi dalam kelompok-kelompok untuk memudahkan proses komunikasi, tetapi dalam pelaksanaannya masih terdapat kekurangan, seperti kondisi lingkungan yang tidak mendukung sepenuhnya pelaksanaan implementasi, kurangnya sumber daya manusia dan non-manusia yang menjadi penghambat dalam pengimplementasian feeder WiraWiri sebagai transportasi publik, serta alokasi anggaran dari Pemerintah Kota Surabaya yang masih belum mencukupi. Dari temuan tersebut, peneliti merekomendasikan langkah-langkah seperti pembangunan dan penyeimbangan bangunan halte, pelatihan dan pengawasan bagi staf lapangan, serta alokasi anggaran yang memadai untuk pengadaan sumber daya.

References

Adisasmitha, R. (2011). Manajemen Transportasi Darat: Mengatasi kemacetan Lalu Lintas di Kota Besar (Jakarta). Graha Ilmu.

Aminah, S. (2007). Transportasi Publik dan Aksesibilitas Masyarakat Perkotaan. In Universitas Airlangga. Universitas Airlangga.

Arifiyananta, R. D. (2015). Strategi Dinas Perhubungan Kota Surabaya Untuk Mengurangi Kemacetan Jalan Raya Kota Surabaya. Journal Portal Universitas Negeri Surabaya, 3(6).

Astalini, Kurniawan, D. A., & Sumaryanti. (2018). Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Fisika di SMAN Kabupaten Batanghari. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 3(2).

Dinas Perhubungan Kota Surabaya. (2024). Dokumen Arsip.

Hamida, A. (2023). Implementasi Program WiraWiri Suroboyo di Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Jurnal Portal Universitas Negeri Surabaya, 11(4).

Instagram @wirawirisuroboyo. (2024).

Kibthiah, M., Chamida, R. N., & Khotimah, K. (2023). Suroboyo Bus Sebagai Sistem Transportasi Berkelanjutan di Kota Surabaya. Jurnal Transportasi, 23(1).

Kusuma, A. F. D. (2024). Analisis Kebijakan Suroboyo Bus Dalam Mengatasi Kemacetan Di Kota Surabaya Melalui Probelm Tree Analysis. Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(4).

Nurdiana, A. D., & Wahyudi, K. E. (2023). Efektivitas Suroboyo Bus dalam Mengatasi Kemacetan Kota Surabaya. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (JISIP), 12(3).

Peraturan Menteri Perhubungan No. 15 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Dalam Trayek Pasal 53 Ayat 1 “Pemerintah Pusat Dan/Atau Pemerintah Daerah Menjamin Ketersediaan Angkutan Massal Berbasis Jalan Untuk Memenuhi Kebutuhan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Di Kawasan Perkotaan (2019).

Peraturan Walikota Surabaya No. 22 Tahun 2023 Tentang Tarif Dan Kontribusi Sampah Dalam Penggunaan Jasa Badan Layanan Umum Daerah Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengelolaan Angkutan Umum Pada Dinas Perhubungan Kota Surabaya.

Permata, A. P. (2023). Implementasi Kebijakan Suroboyo Bus Sebagai Transportasi Publik . Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik Dan Bisnis, 4(2).

Savitri, A. A., & Tukiman. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Dalam Menggunakan Transportasi Baru “Suroboyo Bus” di Kota Surabaya. Dinamika Governance: Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 9(2).

Subarsono. (2021). Analisis Kebijakan Publik (Dimaswids, Ed.). Pustaka Pelajar.

Sulistyo, B. T. (2023, October 24). Tidak Cepat Balik Modal, Pemkot Surabaya Berencana Batalkan Proyek MRT.

Zanin, I. (2023). Beberapa Alasan “Feeder Wira-Wiri” Mulai Digandrungi Warga Surabaya. Kompasiana.

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Soetikno, F. A., & Tukiman. (2024). Implementasi Angkutan Feeder WiraWiri Sebagai Sarana Transportasi Publik Penunjang Mobilitas Masyarakat di Kota Surabaya. NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 5(2), 955–970. https://doi.org/10.52423/neores.v5i2.277

Issue

Section

Articles