Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Bangkingan Kota Surabaya

Authors

  • Nabila Riyadiana Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Oktarizka Reviandani Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.52423/neores.v5i2.236

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kelurahan, Pelayanan Publik

Abstract

Perkembangan masyarakat saat ini semakin mengglobal, wawasan penyelenggaraan pemerintahan juga semakin luas, dan adegan transformasi sosial dari masyarakat modern yang maju dapat meningkatkan kualitas pelayanan pemerintah terhadap warga negara guna untuk mempercepat kemajuan. Pemerintah mempunyai peran penting dalam memberikan pelayanan prima kepada seluruh masyarakat. Tolak ukur yang menjadi pedoman pemberian pelayanan sebagai janji dan kewajiban pelayanan publik yakni standar pelayanan publik. Kelurahan adalah suatu lembaga penyelenggara pelayanan publik di tingkat bawah dan harus mampu menyediakan kualitas pelayanan yang baik untuk masyarakat. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan sejauh mana kualitas pelayanan yang bergantung pada puas atau tidaknya masyarakat terhadap pelayanan di Kelurahan Bangkingan Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan yaitu teknik purposive dan snowball yang diharapkan bisa menjadi sumber informasi bagi penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik di Kantor Kelurahan Bangkingan Kota Surabaya diterapkan dalam lima dimensi yakni Tangible, Reliability, Responsiviness, Assurance, dan Empahty beserta indikatornya. Namun demikian, terdapat beberapa hambatan pada indikator yang tidak sesuai dengan keinginan masyarakat pengguna jasa, antara lain kurangnya fasilitas yang menunjang kenyamanan pelayanan publik, seperti kurangnya kursi di ruang tunggu, terbatasnya ruangan pelayanan bagi staff Kelurahan, dan masih adanya ketidakakuratan dalam proses pelayanan akibat kurang lengkapnya dokumen dan persyaratan yang dipenuhi oleh masyarakat. Sehingga berpengaruh kepada kualitas pelayanan publik di Kantor Kelurahan Bangkingan Kota Surabaya.

References

Akay, R., Kaawoan, J. E., & Pangemanan, F. N. (2021). Disiplin Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Tikala. Governance, 1(1), 1–8.

Along, A., Sanggau, K., & Barat, K. (2020). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik ( JIAP ) Kualitas Layanan Administrasi Akademik di Politeknik Negeri Pontianak. 6(1), 94–99.

Awalia, S. N. (2021). Public Relations Dalam Pelayanan Prima Di Kantor Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar. Skripsi, 3(1996), 6.

Dhimas Ginanjar. (2023). Pungli Dilakukan ASN Surabaya, Tenaga Kontrak Ditarik Rp 15 Juta.

Hardiansyah, M. S. (2018). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta.

Esti Widiyana. (2023). Oknum ASN Kelurahan di Surabaya Diduga Tarik Pungli Surat Petok Rp 30 Juta.

Eva risnawati, M.Uhaib Ad’ad, A. N. H. (n.d.). kualitas pelayanan publik di kelurahan alalak selatan kecamatan banjarmasin utara kota banjarmasin.

Jayanti, N. D. (2017). Kualitas Pelayanan (Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, Tangibles ) Di Legend Premium Coffee Yogyakarta. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta Untuk, 1–97.

Lestari, R. A. (2019). Dinamika Governance. Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 9(1).

Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, J. S. (2014). Qualitative Data Analysis (3rd ed.).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. (2014). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Standar Pelayanan. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Standar Pelayanan, 14.

Putri Lusy Riadina. (2022). Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Bandung Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Registratie, 4(April).

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Alfabeta). Bandung.

Yusman, A. F., & Yateno, Y. (2021). Pengaruh Bukti Fisik, Kehandalan dan Jaminan terhadap Kepuasan Konsumen dalam Penggunaan Digital Payment Dana pada Mahasiswa FEB UM Metro. Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI, 1(2), 278–299. https://doi.org/10.24127/diversifikasi.v1i2.600

Downloads

Published

2024-05-22

How to Cite

Riyadiana, N., & Reviandani, O. (2024). Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Bangkingan Kota Surabaya. NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 5(2), 892–910. https://doi.org/10.52423/neores.v5i2.236

Issue

Section

Articles