Komunikasi Digital dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Generasi Millennial

Authors

  • Nurmi Nurmi Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Herman Dema Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Muhammad Rais Rahmat R Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang

DOI:

https://doi.org/10.52423/neores.v5i2.235

Keywords:

komunikasi, milenial, partisipasi, pemilu, politik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana komunikasi digital dalam meningkatkan partisipasi politik generasi milenial di Kabupaten Sidenreng Rappang. Penelitian ini megunakan metode deskripsi kualitatif. Sumber data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. teknik analisis data penelitian ini ialah reduksi data, penyajian data dan Penarikan Kesimpulan. Maka data yang telah di analisis kemudian diolah mengunakan Nvivo 12 plus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi digital memiliki pengaruh dalam meningkatkan partisipasi generasi milenial di Kabupaten Sidenreng Rappang. Adapun faktor pendukung  dalam meningkatkan partisipasi ialah perangsang politik, situasi atau lingkungan serta pendidikan politik dalam hal ini situasi atau lingkungan menjadi faktor yang memiliki presentase tinggi  dari kedua faktor lainnya.

References

A. Zaini Bisri. (2012). Partisipasi politik dalam keterbukaan informasi publik. Politika, 3(1), 5–6.

Alfiyani, N. (2018). Media Sosial Sebagai Strategi Komunikasi Politik. Potret Pemikiran, 22(1). https://doi.org/10.30984/pp.v22i1.762

Alvin, S. (2020). Strategi Komunikasi Politik Juru Bicara Wakil Presiden 2014-2019 sebagai Humas Pemerintah. Jurnal Komunikasi, 14(1), 43–62. https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i1.6031

bawaslu.go.id. (2023). Jadi Pemilih Paling Dominan, Bawaslu Ajak Generasi Muda Berpartisipasi Aktif di Pemilu 2024.

Daulay, R. (2020). Pengaruh Komunikasi, Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pegawai Kantor Kec. Matraman JAkarta Timut). Bab Ii Kajian Pustaka 2.1, (2004), 6–25.

detiksulsel.com. (2023). KPU Sidrap Tetapkan DPS Pemilu 2024 Capai 232.163 Pemilih.

Dila Novita, A. F. (2020). Peningkatan Partisipasi Pemilih Milenial: Strategi Komunikasi Dan Sosialisasi Komisi Pemilihan Umum Pada Pemilu 201. Jurnal Kajian Komunikasi, Bahasa Dan Budaya, 7(2), 56–84.

Eko Harry Susanto. (2013). Dinamika Komunikasi Politik Dalam Pemilihan Umum. Jurnal Kajian Komunikasi, 1(2), 163–172. https://doi.org/10.24198/jkk.vol1n2.6

Fadli, M., Bailusy, M. K., Nas, J., & Zulfikar, A. (2018). Keterlibatan elit lokal dalam peningkatan partisipasi politik pada pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Toraja Utara Tahun 2015. Aristo, 6(2), 301–328.

Fauzi. (2018). Komunikasi Politik Calon Legislatif dalam Memengaruhi Partisipasi Politik Masyarakat di Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Pekommas, 3(1), 63–78.

Firdha Rezki Dwitya Anggiriani Rifai. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH SERENTAK TAHUN 2020 (STUDI KASUS DI KECAMATAN PALU SELATAN KOTA PALU PROVINSI SULAWESI. Corporate Governance (Bingley), 10(1), 54–75.

Jayanti, F., & Arista, N. T. (2019). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelayanan Perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura. Competence : Journal of Management Studies, 12(2), 205–223. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v12i2.4958

Juditha, C., & Darmawan, J. J. (2018). PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DAN PARTISIPASI POLITIK GENERASI MILENIAL. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 22(2), 94–109. https://doi.org/10.33299/jpkop.22.2.1628

Kamal, A. M., Darmawan, W. B., & Agustino, L. (2021). Strategi Komunikasi Politik PKS Jawa Barat Dalam Meningkatkan Perolehan Suara pada Pemilu 2019. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(3), 1184–1192. https://doi.org/10.34007/jehss.v3i3.519

Kango, A. (2018). Marketing Politik dalam Komunikasi Politik. Marketing Politik Dalam Komunikasi Politik, 11(1), 52–65.

Kawwami, A. M., & Islamia, P. (2023). Strategi Komunikasi Politik Kepala Desa dalam Mewujudkan Good Governance. Jurnal Prodi Ilmu Politik, 2(1), 31–43. https://doi.org/10.19109/jsipol.v2i1.15963

Khakim, M. S. (2023). Partisipasi Politik Generasi Muda pada Pemilihan Umum Tahun 2024. Jurnal Administrasi Pemerintahan Desa, 04(1), 47134.

Laksmitha, N., & Susanto, E. H. (2019). Partisipasi Politik Generasi Milenial di Instagram dalam Pemilu 2019. Koneksi, 3(1), 250. https://doi.org/10.24912/kn.v3i1.6218

Matdoan, U. A. (2015). Pengaruh Partisipasi Politik Masyarakat Terhadap Peningkatan Perolehan Suara Masing-Masing Partai Politik Di Kecamatan Kei Kecil Timur Kabupaten Maluku Tenggara Dalam Pemilihan Umum Tahun 2014. Biosel: Biology Science and Education, 4(2), 111. https://doi.org/10.33477/bs.v4i2.543

Munandar, H., & Suherman, M. (2016). Aktivitas Komunikasi Pemerintahan Ridwan Kamil di Media sosial. Jurnal Hubungan Masyarakat, 2(1), 423–430.

Naufal, M. I., & Purwanto, E. (2022). DAMPAK LITERASI KEUANGAN TERHADAP KINERJA DAN KEBERLANJUTAN UMKM (Studi Kasus Industri F&B Kecamatan Sumbersari Jember). Jurnal Administrasi Bisnis, 16(2), 209–215.

Nia Sofiyatul Millah, D. A. D. (2021). Skpp Bawaslu Sebagai Sarana Pendidikan Politik Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Politik Warga Negara. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 355–363. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1583

Nibrosu Rohid, E. W. W. A. W. (2024). PERENCANAAN KOMUNIKASI POLITIK PENYELENGGARA. 7(1), 31–38.

Nuruzzaman, M. (2018). PESAN KOMUNIKASI POLITIK PERSIS DALAM PEMILU TAHUN 2014. TERORISME DAN MEDIA SOSIAL SISI GELAP BERKEMBANGNYA TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI Mohammad, 3(8), 27–38.

Pangky Febriantanto. (2019). Analisis Faktor Determinan Peningkatan Partisipasi Politik Penyandang Disabilitas pada Pilkada Kota Yogyakarta 2017. Jurnal PolGov, 1(1), 157. https://doi.org/10.22146/polgov.v1i1.48859

Pattiasina, H. Y. (2015). STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PDI PERJUANGAN KABUPATEN MALUKU TENGAH PADA PEMILU 2014 POLITICAL COMMUNICATION STRATEGY PDI PERJUANGAN IN ELECTION CENTRAL DISTRICT MALUKU 2014.

Pratama, A. F., Juwandi, R., & Bahrudin, F. A. (2022). Pengaruh Literasi Politik dan Informasi Hoax terhadap Partisipasi Politik Mahasiswa. Journal of Civic Education, 5(1), 11–24. https://doi.org/10.24036/jce.v5i1.662

Putra, A. (2020). Analisis Strategi Komunikasi Partai Politik Baru Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Pemilih Pemula (Studi Kasus Dpd Partai Solidaritas Indonesia Kota Parepare). Jurnal Analisis Partai Politik, 26(1), 43–76.

Ramadhani, S., Kustiawan, W., Nasution, J. H., & Azhari, M. I. (2022). Strategi Lobi Dan Negosiasi Dalam Proses Komunikasi Politik. An Nadwah, 28(1), 89–95. https://doi.org/10.37064/nadwah.v28i1.12255

Ridha Iswardhana, M., Zakinah, U., Ardya Maharani, G., Grace Tayan, W., & Nuraini, A. (2023). Kampanye Gunakan Hak Suara dan Jangan Golput pada Pemilu 2024 Untuk Generasi Muda. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 117–122. https://doi.org/10.54259/pakmas.v3i1.2014

Rosidi, R. (2017). Strategi Komunikasi politik dan Budaya Transparasi Partai Politik. Jurnal Politik Pemerintahan, Majalah Ilmiah Program Studi Ilmu Politik, 2(1), 78–100. https://doi.org/10.55745/jpp.v2i1.15

Siregar, A. N. (2023). Pendidikan Politik Sebagai Wujud Peningkatan Partisipasi dan Kesadaran Kaum Milenial dalam Pemilu Serentak 2024. Jurnal Generasi Ceria Indonesia, 1(2), 103–108. https://doi.org/10.47709/geci.v1i2.3180

Suharyanto, A. (2016). Surat Kabar Sebagai Salah Satu Media Penyampaian Informasi Politik pada Partisipasi Politik Masyarakat. Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal, 6(2), 123. https://doi.org/10.31289/jap.v6i2.1051

Suhendro, P. P., Zakiatuzzahrah, Z., & Sofiaty, D. R. (2022). Pengaruh Komunikasi Efektif Terhadap Kinerja Karyawan CV Centrum Tekhnik Diesel Jakarta. GANDIWA Jurnal Komunikasi, 2(2), 34–44. https://doi.org/10.30998/g.v2i2.1454

Sulaiman, A. I. (2013). Komunikasi Politik Dalam Demokratisasi. Balai Pengkajian Dan Pengembangan Komunikasi Dan Informatika, 11, 119–132.

Supriadi, Y. (2017). Komunikasi Politik DPRD Dalam Meningkatkan Peran Legislasi di Kota Bandung. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(1), 25–36. https://doi.org/10.29313/mediator.v10i1.2119

Syarif, M. A. (2016). Pengaruh Sosialisasi Politik dan Status Sosial Ekonomi Terhadap Partisipasi Politik Pada Pemilihan Walikota 2015 di Kelurahan Air Putih Kota Samarinda. E-Journal Pemerintahan Integratif, 4(4), 547–561.

Triwicaksono, Y. D. B. B., & Nugroho, A. (2021). Strategi Komunikasi Politik Pemenangan Kepala Daerah. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 5(1), 133–145. https://doi.org/10.51544/jlmk.v5i1.2037

Wijaya, D. (2023). Menakar Peran Pemilih Pemula di Era Digital: Berkah atau Bencana Menuju Pemilu Berkualitas. Jan Maha, 5(6), 657–668.

Zainal, A. G., & Sarwoprasodjo, S. (2018). Strategi Komunikasi Politik Pemerintahan Daerah dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Pedesaan (Studi Program “Bupati Ronda” di Kabupaten Lampung Tengah). Journal Of Communication Studies, 3(1), 54–66.

Downloads

Published

2024-03-20

How to Cite

Nurmi, N., Dema, H., & Rahmat R, M. R. (2024). Komunikasi Digital dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Generasi Millennial. NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 5(2), 699–712. https://doi.org/10.52423/neores.v5i2.235

Issue

Section

Articles