Penggunaan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemerintah dalam Sosialisasi Prosedur Pembuatan Paspor : Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Yogyakarta

Authors

  • Fauzan Nur Ikhsanto Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Dian Eka Rahmawati Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.52423/neores.v5i2.233

Keywords:

Komunikasi Pemerintahan, Media Sosial, Instagram, Paspor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa penggunaan media sosial Instragram sebagai media komunikasi pemerintah dalam melakukan sosialisasi prosedur pembuatan paspor. Sejalan dengan paradigma e-government, pemerintah menggunakan berbagai platform media digital untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas penyediaan layanan informasi. Instagram menjadi salah satu pilihan pemerintah, karena jumlah penggunanya yang cukup tinggi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan Teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kantor imigrasi Yogyakarta sebagai komunikator telah menyampaikan informasi sosialisasi prosedur pembuatan paspor secara informatif dan interaktif melalui media Instagram. Hal tersebut bisa dilihat dari unggahan. Sedangkan masyarakat sebagai komunikan dalam sosialisasi prosedur pembuatan paspor, dengan menyampaikan berbagai macam feedback dengan cara memberikan pendapat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Instagram sebagai media komunikasi pemerintah dalam sosialisasi prosedur pembuatan paspor dalam studi kasus Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Yogyakarta unggahan Instagram yang ditampilkan mengenai pembuatan paspor sangat update serta informatif karena informasi yang disampaikan pada unggahan tersebut cukup lengkap, kreatif, inovatif dan mudah dipahami.

References

Annur, C. M. (2023). Indonesia Masuk 5 Besar Negara dengan Pengguna Instagram Terbanyak di Dunia. Databoks.Katadata.Co.Id.

Luas, A. F., Sondakh, M., & Londa, J. W. (2020). Strategi Komunikasi Pemerintah Dalam Menunjang Program Pengurangan Kemasan Plastik Pada Masyarakat Kelurahan Tosuraya Barat. Acta Diurna Komunikasi, 2(1).

Febriani, D. L., & Juliani, R. (2022). Strategi Komunikasi Pemerintah Daerah Dalam Mensosialisasikan Informasi Publik Di Kabupaten Aceh Barat. At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, 19–38. https://doi.org/10.47498/tanzir.v13i1.970

Jannah, M., La Tarifu, L. T., & Saidin, S. (2020). Efektifitas Komunikasi Pemerintahan dalam Pelayananan Publik Pada Kantor Pertanahan Nasional Kota Kendari. NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(2), 86. https://doi.org/10.52423/neores.v1i2.10452

jidan farriz, N. (2023). Strategi Komunikasi Penyebaran Informasi Vaksinasi Covid 19 Oleh Instagram @Samarindacom Di Kota Samarinda. Socia Logica, 3(3), 91–106

Mariana, R. (2022). Strategi Komunikasi Pemerintah Kota Bandung Dalam Sosialisasi Mal Pelayanan Publik Melalui Media Sosial Instagram Studi Kualitatif dengan Pendekatan Studi Kasus. Http://Repository.Unpas.Ac.Id/.

Miles, M. B. & Huberman, A. M. (1984). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. (SAGE publi).

Moleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya Offset.

Mulyana, D. (2010). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT. Remaja Rosdakarya.

Nugraha, A. R., Sjoraida, D. F., Erdinaya, L. K., & Komariah, K. (2020). Komunikasi humas pemerintahan kabupaten / kota di Jawa Barat melalui media digital Instagram. 8(2), 221–239.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi ( Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House ). Jurnal Common, 3.

Putri, Annisak Sephia, B. S. (2023). Strategi Komunikasi Humas Pemerintah Kota Surakarta Melalui Media Sosial Dalam Menyebarluaskan Informasi Pariwisata Kota Surakarta. Https://Eprints.Ums.Ac.Id/, 1–23.

Putri Pratiwi, V., Rahmawati, D. E., & Purwaningsih, T. (2021). Akun Twitter BNPB_RI Sebagai Media Komunikasi Pemerintah Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sosial Politik, 7(2), 212–226. https://doi.org/10.22219/sospol.v7i2.16116

Romadhan, M. I., Puspaningtyas, A., & Rahmadanik, D. (2018). Strategi Komunikasi Dalam Pelestarian Budaya Saronen Kepada Generasi Muda Di Kabupaten Sumenep. Representamen, 4(02), 70–78. https://doi.org/10.30996/.v4i02.1810

Sabilla, R. R. R. & S. S. (2022). Strategi Komunikasi Hubungan Masyarakat Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Dalam Mengoptimalkan Informasi Publik Melalui Media Sosial. Jurnal JISIPOL Ilmu Pemerintahan Universitas Bale Bandung, 6(November).

Sebayang, L. K. B. (2022). LAYANAN INFORMASI PASPOR MELALUI INSTAGRAM DI KANTOR IMIGRASI KELAS I KHUSUS TPI MEDAN. Https://Repository.Pnj.Ac.Id/.

Sepdiansyah, W. M. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Layanan Informasi Pemerintahan Pada Dinas Komunikasi Informatika Dan Statistik Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Lugas, 4(1), 9–16.

Silalahi, U. (2004). Komunikasi Pemerintahan: Mengirim dan Menerima Informasi Tugas Dan Informasi Publik. Jurnal Administrasi Publik, 3(1), 36–54.

Sudirman, F. A. (2023). TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DAN SDGS: REVIEW LITERATUR SISTEMATIS. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi, 8(2), 273-288.

Downloads

Published

2024-03-04

How to Cite

Nur Ikhsanto, F., & Eka Rahmawati, D. (2024). Penggunaan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemerintah dalam Sosialisasi Prosedur Pembuatan Paspor : Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Yogyakarta . NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 5(2), 545–561. https://doi.org/10.52423/neores.v5i2.233

Issue

Section

Articles