Literature Review: Buzzer Politik dan Pengembangan Opini di Media Sosial di Indonesia

Authors

  • Miqdad Miqdad Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.52423/neores.v5i2.231

Keywords:

Opini, Buzzer, Twitter, Media Sosial, Digital

Abstract

Perkembangan teknologi di Indonesia yang begitu pesat dengan hadirnya media sosial telah menimbulkan fenomena hadirnya Buzzer di Indonesia. Buzzer yang hadir pada sistem politik Indonesia telah memberikan banyak pengaruh, salah satunya sebagai penggiring opini di media sosial untuk tujuan tertentu. Beranjak dari permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor bagaimana peran buzzer dalam proses pengembangan opini di media sosial. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kajian pustaka melalui pendekatan studi kasus. Dari penelitian hasil tinjauan pustaka ini mengungkap peran buzzer dalam interaksi dan penyebaran informasi terkait opini tertentu menggunakan media sosial lebih sering menggunakan Twitter sebagai wadah untuk menggiring opini publik dengan cara penggunaan hastag-hastag dengan tujuan trending topic. Dalam pengembangan opini buzzer menggunakan narasi-narasi, konten, meme berupa foto dan video yang dijadikan sebagai materi penggiringan opini. Bahkan, ditemukan bahwa narasi teks lebih dapat mempermudah dalam menggiring opini publik. Selain itu, penelitian ini berhasil mengetahui dan mengidentifikasi jenis dan sumber opini media sosial yang diteliti.

References

Akbar, M. A., Amril, M. A. B., Syahira, R., Latisha, F. R., & Jihan, N. (2022). Analisis Struktur Jaringan Komunikasi# Seagames2022 Di Twitter Menggunakan Pendekatan Social Network Analysis (Sna). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 26(1), 1–16.

Anber, H., Salah, A., & Abd El-Aziz, A. A. (2016). A literature review on Twitter data analysis. International Journal of Computer and Electrical Engineering, 8(3), 241.

Anugerah, B. (2020). Urgensi Pengelolaan Pendengung (Buzzer) Melalui Kebijakan Publik Guna Mendukung Stabilitas Politik di Indonesia. Jurnal Lemhannas RI, 8(3), 155–171.

Arianto, B. (2019). Buzzer Media Sosial dan Branding Produk UMKM Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal UMKM Dewantara, 2(1), 27–46.

Arianto, B. (2022). Kontestasi Buzzer Politik Dalam Langgam Politik Digital. Massive: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 28–42.

Arigi, F. (2019). Pengamat Ungkap Privilese Buzzer Istana. Salah Tak Kena UU ITE.

Bradshaw, S., & Howard, P. N. (2019a). The Global Disinformation Disorder: 2019 Global Inventory of Organised Social Media Manipulation. Working Paper 2019.2. Oxford, UK: Project on Computational Propaganda.

Bradshaw, S., & Howard, P. N. (2019b). The Global Disinformation Order: 2019 Global Inventory of Organised Social Media Manipulation. Comprop, 24. https://comprop.oii.ox.ac.uk/wp-content/uploads/sites/93/2019/09/CyberTroop-Report19.pdf

Camil, R., Attamimi, N. H., & Esti, K. (2017). Dibalik fenomena buzzer: Memahami lanskap industri dan pengaruh buzzer di Indonesia. Centre for Innovation Policy and Governance, 1(1), 1–30.

Dimedjo, E. (2019). Sejarah Keberadaan Buzzer Politik di Indonesia| Tagar.

Felicia, F., & Loisa, R. (2019). Peran buzzer politik dalam aktivitas kampanye di media sosial Twitter. Koneksi, 2(2), 352–359.

Firas Surya Ramadhan, Suyanto, & Nurjanah. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital pada Media Sosial Instagram dalam Mempromosikan Brand “Everyday Is Saturday.” NeoRespublica: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 4(1), 83–91. https://doi.org/10.52423/neores.v4i1.21

Goodwin, A. L. (2014). Globalization and the preparation of quality teachers: Rethinking knowledge domains for teaching. In Internationalization of Teacher Education (pp. 19–32). Routledge.

Gusfa, H., & Kadjuand, F. E. D. (2020). Political Agonism for Indonesian Cyberpolitic: Critical Cyberculture to Political Campaign of 2019 Indonesian Presidential Election in Twitter. Nyimak: Journal of Communication, 4(2), 211–231.

Idris, I. K. (2018). Government social media in Indonesia: Just another information dissemination tool. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 34(4), 337–356.

Juditha, C. (2019). Buzzer di Media Sosial Pada Pilkada dan Pemilu Indonesia Buzzer in Social Media in Local Elections and Indonesian Elections. Prosiding Seminar Nasional Komunikasi Dan Informatika, 3, 199–212. https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/snki/article/view/2557/1255

Macrohon, J. J. E., Villavicencio, C. N., Inbaraj, X. A., & Jeng, J.-H. (2022). A semi-supervised approach to sentiment analysis of tweets during the 2022 Philippine presidential election. Information, 13(10), 484.

Maulana, A., & Kuswayati, S. (2021). Klasifikasi Akun Buzzer Pemilu Pada Media Sosial Twitter Berdasarkan Data Tweet Menggunakan Algoritma C4. 5. Naratif: Jurnal Nasional Riset, Aplikasi Dan Teknik Informatika, 3(2), 30–35.

Mustika, R. (2019). Pergeseran Peran Buzzer Ke Dunia Politik Di Media Sosial. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 2(2), 144–151. https://doi.org/10.17933/diakom.v2i2.60

Nurhajati, L., Wijayanto, X. A., & Fitriyani, L. R. (2022). Twitter as a Public Sphere for COVID-19 Vaccine Discussion. CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 10(2), 107–118.

Robbani, S., & Fauzi, A. (2022). Komersialisasi Jasa Buzzer Twitter Menurut Undang-Undang Ite Dan Hukum Islam. At-Tuhfah: Jurnal Studi Keislaman, 11(1), 27–48.

Saraswati, M. S. (2018). Social Media and the Political Campaign Industry in Indonesia. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.25008/jkiski.v3i1.124

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339.

Subekti, D. (2022). Challenges of Tourism Campaigns in the New Normal Era: Analysis on Indonesian Government’s Social Media. Profetik: Jurnal Komunikasi, 15(1), 101–120.

Sugiono, S. (2020). Fenomena Industri Buzzer Di Indonesia: Sebuah Kajian Ekonomi Politik Media. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 47–66. https://doi.org/10.15575/cjik.v4i1.7250

Syahputra, I. (2017). Demokrasi virtual dan perang siber di media sosial: Perspektif Netizen Indonesia. Jurnal Aspikom, 3(3), 457–475.

Syahputra, I. (2021). The rise of political hatred in Twitter conversations of Indonesian netizens. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 6(1), 22–31.

Tenorio, C. B., Daud, Y. P., & Lubos, L. C. (2023). Viral Voices: Exploring Twitter as a Platform for Public Engagement in the 2022 Philippine Election. Jurnal Studi Pemerintahan, 305–325.

Xiao, Y., & Watson, M. (2019). Guidance on conducting a systematic literature review. Journal of Planning Education and Research, 39(1), 93–112.

Yuliahsari, D. (2016). Pemanfaatan Twitter buzzer untuk meningkatkan partisipasi pemilih muda dalam pemilihan umum. Jurnal The Messenger, 7(1), 41–48.

Zuraida, Z. (2023). Comparing the Effectiveness of Hashtags in Digital Social Movements: A Case Study of# PercumaLaporPolisi and# PolriSesuaiProsedur in Indonesia. CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 11(1), 21–32.

Downloads

Published

2024-03-13

How to Cite

Miqdad, M. (2024). Literature Review: Buzzer Politik dan Pengembangan Opini di Media Sosial di Indonesia. NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 5(2), 689–698. https://doi.org/10.52423/neores.v5i2.231

Issue

Section

Articles