Kinerja Pemerintah Kelurahan dalam Pelayanan Masyarakat: Tinjauan dari Kelurahan Molinow di Kota Kotamobagu

Authors

  • Nurul Hidayah Rahman Universitas Hasanuddin Makassar
  • Rasyid Thaha Universitas Hasanuddin
  • Indar Arifin Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.52423/neores.v5i2.227

Keywords:

Kinerja, Pemerintah Kelurahan, Pelayanan Masyarakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Pemerintah Kelurahan dalam pelayanan masyarakat di Kelurahan Molinow Kecamatan Kotamobagu Kota Kotamobagu serta faktor-faktor yang menghambat kinerja. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dianggap dapat menjawab permasalahan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pemerintah Kelurahan dalam pelayanan masyarakat di Kelurahan Molinow lihat dari aspek kualitas kinerja pegawai bahwa tingkat baik atau buruknya sesuatu pekerjaan yang diterima bagi seorang pegawai yang dapat dilihat dari segi ketelitian dan kerapihan kerja, keterampilan dan kecakapan yang dimiliki setiap pegawai kelurahan, sehingga suatu pekerjaan bisa terlaksana dengan baik. dari aspek Kuantitas Kerja Pegawai Lurah belum sepenuhnya terlaksana dengan baik dan maksimal, karena dengan kuantitas yang dimilki oleh pemerintah kelurahan yang belum miliki dan capain yang belum tepenuh dan belum dilaksanakan oleh kelurahan Molinow. Terdapat dua faktor yang memepengaruhi kinerja Pemerintah Kelurahan diantaranya faktor individu dan faktor lingkungan

References

Alam, S., Al Putra, F., & La Ode Mustafa, R. (2022). STRATEGI PEMBANGUNAN ILMU PENGETAHUAN, TEKNOLOGI DAN INOVASI DAERAH DI SULAWESI TENGGARA. Journal Publicuho, 5(4), 1277-1293.

Adha, R. N., Qomariah, N., & Hafidzi, A. H. (2019). Pengaruh motivasi kerja, lingkungan kerja, budaya kerja terhadap kinerja karyawan dinas sosial kabupaten Jember. Jurnal Penelitian IPTEKS, 4(1), 47–62.

Afandi, P. (2016). Concept & indicator human resources management for management research. Deepublish.

Ahmad, Y., Tewal, B., & Taroreh, R. N. (2019). Pengaruh stres kerja, beban kerja, dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada Pt. Fif Group Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3).

Alhamid, T., & Anufia, B. (2019). Resume: Instrumen pengumpulan data. Sorong: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

Alwany, T. (2018). Kinerja Pegawai Kelurahan Dalam Pelayanan Masyarakat Di Kelurahan Tamalanrea Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Jurnal Ilmu Pemerintahan Suara Khatulistiwa, 3(2), 134–149.

https://doi.org/10.33701/jipsk.v3i2.979

Amanda, E. A., Budiwibowo, S., & Amah, N. (2017). Pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan di PDAM Tirta Taman Sari Kota Madiun. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 6(1), 1–12.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta

Baharuddin, M., Qamar, N., & Qahar, A. (2020). Implementasi Fungsi Lurah Dalam Penyelenggaraan Otonomi Daerah: Studi Di Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Journal of Lex Generalis (JLG), 1(1), 134–147.

Daulay, R., Kurnia, E., & Maulana, I. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan pada perusahaan daerah di Kota Medan. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 209–218.

Darmawi, E. (2014). Analisis Kinerja Aparatur Pemerintah Dalam Perspektif Good Governance. Mimbar: Jurnal Penelitian Sosial Dan Politik, 3(2), 1-7.

Diana, Y. (2019). Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Housekeeping Departement Pada Hotel Bintan Lagoon Resort. Jumant, 11(2), 193–206.

Garini, A., Mas’ ud, M., & Pryiadi, A. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai Kantor Kelurahan di Kota Makassar. Journal of Accounting and Finance (JAF), 2(2), 107–119.

Hanim, L. (2014). Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Aparat Pemerintah Kelurahan Dalam Pelayanan Pubik Di Era Otonomi Daerah ( Studi Di Kelurahan Gadang Kota Malang ). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 2(2), 350–354.

Hardiyansyah, H. (2018). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Gava Media.

James W, Elston D, T. J. et al. (20 C.E.). 済無No Title No Title No Title. Andrew’s Disease of the Skin Clinical Dermatology., 3(2).Kurniati, P. S., & Fidowaty, T. (2017). JIPSi. VII(2).

Margayaningsih, D. I. (2015). Peningkatan Pemberdayaan dan Kemandirian Desa Dalam Rangka Otonomi Daerah. Publiciana, 8(1), 164–191.

Nasution, D. P., Arifin, H., Sembiring, N. W. P. B., & Abrari, S. Z. (2021). IMPLIKASI PERGESERAN INSINYUR DARI SEKTOR PUBLIK KE SEKTOR SWASTA. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 10(3), 154–159.

Prakoso, R. D., Astuti, E. S., & Ruhana, I. (2014). Pengaruh lingkungan kerja terhadap motivasi kerja dan kinerja karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis, 14(2).

Rauf, R. (2017). Perubahan Kedudukan Kelurahan Dari Perangkat Daerah Menjadi Perangkat Kecamatan. WEDANA: Jurnal Kajian Pemerintahan, Politik Dan Birokrasi, 3(1), 221–232.

Saidin, S., & Rinanda, W. W. (2022). Transparansi Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Di Desa Wawoone, Kecamatan Wonggeduku, Konawe. NeoRespublica: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 4(1), 178-190.

Salam, N. F. S., Rifai, A. M., & Ali, H. (2020). Faktor penerapan disiplin kerja: kesadaran diri, motivasi, lingkungan (suatu kajian studi literatur manajemen pendidikan dan ilmu sosial). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 487–508.

Saleh, H. A. (2016). Kajian tentang pemerintahan desa perspektif otonomi daerah. Jurnal Administrasi Dan Kebijakan Kesehatan Indonesia, 1(1), 1–24.

Saputra, A. R. (2014). Kinerja Aparatur Pemerintah Kelurahan Dalam Pelayanan Publik di Kelurahan Pasar Pagi Kecamtan Samarinda Kota. EJournal Administrasi Negara, 3(2), 702–717.

Seliman, V. (2022). DINAMIKA GOVERNANCE PEMERINTAH KALURAHAN DALAM PROSES PERUBAHAN STATUS BERBADAN HUKUM PADA BUM DESA AMARTA KALURAHAN PANDOWOHARJO SLEMAN. SEKOLAH TINGGI PEMBANGUNAN MASYARAKAT DESA STPMD" APMD".

Sudirman, F. A., Pertiwi, G., & Saidin, S. (2023). Implementasi Kerjasama Sister City Kota Kendari (Indonesia)-Kota La Rochelle (Perancis) dalam Peningkatan Pelayanan Air Bersih (2017-2019). NeoRespublica: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 5(1), 400-416.

Sulila, I. (2015). Implementasi dimensi layanan publik dalam konteks otonomi daerah. Deepublish.

Downloads

Published

2024-03-09

How to Cite

Rahman, N. H., Thaha , R., & Arifin, I. (2024). Kinerja Pemerintah Kelurahan dalam Pelayanan Masyarakat: Tinjauan dari Kelurahan Molinow di Kota Kotamobagu. NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 5(2), 674–688. https://doi.org/10.52423/neores.v5i2.227

Issue

Section

Articles