Efektivitas Pelayanan Sistem Informasi Pelayanan Perizinan Terpadu (SIPPADU) di DPMPTSP Kabupaten Sidoarjo

Authors

  • Izzatun Nisak Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Diana Hertati Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.52423/neores.v5i2.221

Keywords:

Efektivitas, Pelayanan, Sistem Informasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis efektivitas pelayanan sistem informasi pelayanan perizinan terpadu (SIPPADU) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sidoarjo. Fokus penelitian ini adalah efektivitas pelayanan SIPPADU dengan menggunakan lima fokus efektivitas program menurut Sutrisno (2007) meliputi pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan, dan perubahan nyata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari lima fokus efektivitas program yaitu pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan program, dan perubahan nyata telah berjalan dengan efektif. Namun dalam pelaksanaannya masih terdapat hambatan seperti server down dan dokumen persyaratan berupa NPWP yang tidak lengkap. Segala kekurangan, masalah, dan hambatan dalam penerapan aplikasi SIPPADU dapat terselesaikan dengan baik.

References

Afriyani, A., Muhafidin, D., & Susanti, E. (2022). Transformasi Digital Pelayanan Perizinan Berusaha (SI ICE MANDIRI) di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sumedang. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 13(2), 148–165. https://doi.org/10.29244/jmo.v13i2.38093

Ana Fitrianti, A., Cellindita, S., & Pramnesti, K. (2021). Efektivitas Inovasi Program Smart Kampung Di Desa Ketapang Kabupaten Banyuwangi. Journal of Governance Innovation, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.36636/jogiv.v3i1.438

Andrian, W., & Kristiadi, D. P. (2022). Pengembangan Manajemen Keamanan Informasi Database Dan Aplikasi Dengan Optimasi Keamanan Website. Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi (SINTEK), 2(2), 63–68. https://doi.org/10.56995/sintek.v2i2.48

Daraba, D., Ramli, R. M., Sakawati, H., & Salam, R. (2018). Quality Of Service Manufacturing Of Trade License Line In Office Of Investment Investment And Licensed Agency (Bpmpt) Regency Of Bulukumba. The International Conference On Social Science And Humanities, 48–490. Johor: Faculti of Management, Universiti Teknologi Malaysia. Retrieved from https://www.management.utm.my/psssk/2018

Enitasari, R., & Hertati, D. (2019). Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Aplikasi Berkas Mlaku Dewe Di Kantor Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Public Administration Journal of Research, 1(2), 137–150. https://doi.org/10.33005/paj.v1i2.16

Eprilianto, D. F., Sari, Y. E. K., & Saputra, B. (2019). Mewujudkan Integrasi Data Melalui Implementasi Inovasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Teknologi Digital. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 4(1), 30. https://doi.org/10.26740/jpsi.v4n1.p30-37

Hertati, D. (2023). Evaluation of the Quality of Web-Based Integrated Administration Services (PATEN) in Sidoarjo District, Indonesia. Lex Localis, 21(1), 1–15. https://doi.org/10.4335/21.1.1-15(2023)

Jamaluddin, Nursadrina, Nasrullah, M., Darwis, M., & Salam, R. (2021). Efektivitas Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Dalam Rangka Percepatan Pendaftaran Tanah Pada Kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Makassar. Jurnal Pallangga Praja (JPP), 2, 11–17. Retrieved from https://ejounal.ipdn.ac.id

Jannah, M., La Tarifu, L. T., & Saidin, S. (2020). Efektifitas Komunikasi Pemerintahan dalam Pelayananan Publik Pada Kantor Pertanahan Nasional Kota Kendari. NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(2), 86. https://doi.org/10.52423/neores.v1i2.10452

Kariadi, S. K., & UB, A. R. (2022). Effectiveness of Integrated Licensing Service Information System Services (SIPPADU) in Application for Building Permits (IMB). Indonesian Journal of Public Policy Review, 19(7), 1–6. Retrieved from https://ijppr.umsida.ac.id/index.php/ijppr/article/view/1234%0Ahttps://ijppr.umsida.ac.id/index.php/ijppr/article/view/1234/957

Khadafi, R., & Mutiarin, D. (2017). Efektivitas Program Bantuan Keuangan Khusus Dalam Mengentaskan Kemiskinan di Kabupaten Gunungkidul. Journal of Governance and Public Policy, 4(2). https://doi.org/10.18196/jgpp.4280

Kurniawan, F. E., & Aruan, N. L. (2021). Digitalisasi Dan Pola Kerja Baru: Dampak Bagi Industrialisasi Dan Respons Kebijakan Ketenagakerjaan. Jurnal Sosioteknologi, 20(3), 395–409. Retrieved from https://www.academia.edu/download/802118184/582.pdf

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks: SAGE.

Nawangsari, E. R., Purwanto, E., & Hariyawati, S. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Administrasi Kecamatan Di Kabupaten Sidoarjo. Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 6(1), 43–54. Retrieved from https://ejournal.upnjatim.ac.id

Nurwindiarti, M. (2016). Efektivitas Sistem Informasi Pelayanan Perizinan Terpadu (SIPPADU) dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perizinan di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kabupaten Sidoarjo. Kebijakan Dan Manajemen Publik, 4(1), 1–9. Retrieved from http://www.journal.unair.ac.id/download-fullpapers-kmp6b0b431972full.pdf

Oktariyanda, T. A., & Achmadja, N. C. (2023). Implementation of the “Sippadu 2.0” in Terms of Public Service Innovation Successes. Proceedings of the International Joint Conference on Arts and Humanities 2022 (IJCAH 2022), 147–162. Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-008-4_18

Prijono, D., Soenarjanto, B., & Radjikan, R. (2018). Efektivitas Sistem Pelayanan Perizinan Terpadu (Sippadu) Pada Perizinan Siup Dinas Penanaman Modal Dan PTSP Kabupaten Sidoarjo. 1–5. Retrieved from https://repository.untag.sby.ac.id

Purnamawati, D., Anadza, H., & Suyeno. (2022). Efektivitas Program Aplikasi Sistem Informasi Mojokerto Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik (Studi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Mojokerto). Jurnal Respon Publik, 16(6), 11–18. Retrieved from http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2970889&val=26511&title=Efektivitas Program Aplikasi Sistem Informasi Mojokerto Dalam Meningkatkan Pelayanan PubliK Studi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Mojokerto

Putra, L. R., Ilyas, T. R., & Heriawanto, B. K. (2022). Efektivitas PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) Dalam Pelayanan Administrasi Pertanahan Di Kota Batu. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 8(1), 38–51. https://doi.org/10.30996/jpap.v8i1.5747

Rahayu, R., Kusrin, & Purnamasari, H. (2021). Program Keluarga Harapan Dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan Di Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 8(1), 192–207. Retrieved from https://jurnal.unigal.ac.id

Saputra, D. P., & Widiyarta, A. (2021). Efektivitas Program SIPRAJA Sebagai Inovasi Pelayanan Publik di Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 7(2), 194–211. https://doi.org/10.30996/jpap.v7i2.4497

Saputro, R. H., & Safriansyah. (2021). Tantangan Sistem Informasi Berbasis Pelayanan Publik di Era Revolusi Industri 4.0. Sawala : Jurnal Administrasi Negara, 9(1), 89–101. https://doi.org/10.30656/sawala.v9i1.2943

Sisillia, M., Nurjanah, Y., & Tukiman. (2020). Efektivitas Kebijakan Pemerintah Kota Surabaya Dalam Perwali Nomor 99 Tahun 2016 Untuk Mengatasi Pencemaran Air Limbah Pabrik (Studi Kasus Sungai Kalimas Surabaya). Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 6(1), 93–105. Retrieved from https://node1.123dok.com/dt03pdf/123dok/002/622/2622754.pdf_file.pdf?X-Amz-Content-Sha256=UNSIGNED-PAYLOAD&X-Amz-Algorithm=AWS4-HMAC-SHA256&X-Amz-Credential=7PKKQ3DUV8RG19BL%2F20210407%2F%2Fs3%2Faws4_request&X-Amz-Date=20210407T025312Z&X-Amz-SignedHeaders

Sudirman, F. A., Pertiwi, G., & Saidin, S. (2023). Implementasi Kerjasama Sister City Kota Kendari (Indonesia)-Kota La Rochelle (Perancis) dalam Peningkatan Pelayanan Air Bersih (2017-2019). NeoRespublica: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 5(1), 400-416.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno. (2007). Manajemen Keuangan Teori, Konsep, dan Aplikasi. Yogyakarta: Ekonisia.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. , (2009).

Widiyaningrum, W. Y. (2022). Efektivitas Mall Pelayanan Publik (MPP) Oleh Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPTSP) Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Kabupaten Bandung. Jurnal JISIPOL, 6(3), 57–68. Retrieved from https://www.ejournal.unibba.ac.id/index.php/jisipol/article/view/959

Wulandari, C. M. (2019). Efektivitas Penerapan E-Government Melalui Sistem Informasi Pelayanan Perizinan Terpadu (Sippadu) Di Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Online Mahasiswa, 6(2), 1–15. Retrieved from https://jnse.ejournal.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/24749

Yahya, A. S., & Amzan, A. Z. (2022). Efektivitas Pelayanan Perizin Usaha Perdagangan Melalui Program Papa Joss Di Kabupaten Padang Pariaman. Kybernan: Jurnal Studi Kepemerintahan, 5(2), 142–154. https://doi.org/10.35326/kybernan.v5i2.2420

Yana, W., Muhammad, A. S., & Edison, E. (2020). Efektivitas Reformasi Agraria Melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di Kabupaten Bintan. Jurnal Ilmu Administrasi Negara (JUAN), 8(2), 133–146. https://doi.org/10.31629/juan.v8i2.2796

Downloads

Published

2024-02-25

How to Cite

Izzatun Nisak, & Hertati , D. (2024). Efektivitas Pelayanan Sistem Informasi Pelayanan Perizinan Terpadu (SIPPADU) di DPMPTSP Kabupaten Sidoarjo. NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 5(2), 440–452. https://doi.org/10.52423/neores.v5i2.221

Issue

Section

Articles