Kinerja Aparatur Desa dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa Watesari

Authors

  • Rizki Rahma Dinillah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Isnaini Rodiyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.52423/neores.v5i2.217

Keywords:

Administrasi Kependudukan, Aparatur Desa, Kinerja

Abstract

Riset ini bertujuan untuk meneliti dan menjelaskan Kinerja Aparatur Desa dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan. riset ini menggunakan metode deskripsi kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling, sumber informasi dalam penelitian ini ialah Kasi pelayanan, Sekretaris, dan Kepala Desa.  Model analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah interaktif dari Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja aparatur desa ditinjau dari indikator menurut Robbins  yaitu kualitas, kuantitas, dan ketepatan waktu. Hasilnya adalah dari ketiga indikator tersebut sudah dilaksanakan sesuai prosedur. Kualitas pelayanan dapat diukur melalui indikator standar waktu yang diberikan. Meskipun seharusnya pelayanan tidak memakan banyak waktu, keadaan di lapangan menunjukkan sebaliknya. Masih terdapat kritik dari masyarakat mengenai pelayanan yang tidak cepat  dan tidak tepat waktu.

References

Agustin, M. (2015). Kinerja Aparatur Desa Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat Di Desa Petani Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. Jom FISIP, 2(1).

Christhna, D., Sumampow, I., & Singkoh, F. C. (2016). Kinerja Aparat Desa Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Tinompo Kecamatan Lembo Kabupaten Morowali Utara. Jurnal Eksekutif, 1(1).

Gusmita, E. (2023). Analisis Kinerja Aparatur Desa Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa di Serumpun Pauh Kabupaten Kerinci. Ebisma (Economics, Business, Management, & Accounting Journal), 3(1), 63-72.

Iskandar, Y., Suharmiyati, S., & Maralis, R. (2020). Pengaruh Kinerja Aparatur Desa Terhadap Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat di Desa Rantau Mapesai Kecamatan Rengat. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 5(1), 101-105.

Lestari, M. P. (2022). Kinerja Aparatur Desa Dalam Pelaksanaan Pelayanan Publik Pada Kantor Desa Sengkong Kecamatan Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung.

Nasir, M. (2022). Meraih Kinerja Pegawai Melalui Disiplin Jam Kerja. NeoRespublica: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 4(1), 12-25.

Nasution, I. (2014). Kinerja Aparat Desa Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Di Desa Pantai Labu Pekan. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA), 2(2), 99-110.

Nender, T. A. E., Lapian, M. T., & Lambey, T. (2023). Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Aparatur Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Desa Tumpaan Kecamatan Tumpaan Kabupaten Minahasa Selatan. JURNAL EKSEKUTIF, 3(2).

Noviyanti, D., Atthahara, H., Adiarsa, S. R., & Priyanti, E. (2022). Efektivitas Kinerja Aparatur Desa dalam Pelayanan Publik Kepada Masyarakat di Desa Balongsari. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(5), 289-297.

Pananrangi, A., Stia, M., & Gazali Barru, A. L. (2019). Kinerja Pemerintah Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Desa Siawung Kecamatan Barru Kabupaten Barru. In Meraja Journal (Vol. 2, Issue 1).

Perdana, H. (2019). Pelayanan administrasi di desa wanasari kecamatan muara wahau kabupaten kutai timur. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 7(3), 1325-1336.

Saidin, S., & Rinanda, W. W. (2022). Transparansi Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Di Desa Wawoone, Kecamatan Wonggeduku, Konawe. NeoRespublica: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 4(1), 178-190.

Sari, D. L., Hasyim, A., & Nurmalis, Y. (2016). Persepsi Masyarakat terhadap Kinerja Aparatur Desa dalam Meningkatkan Pelayanan Publik (Doctoral dissertation, Lampung University).

Subadi, W. (2019). Kinerja Aparat Desa Dalam Penyelenggaraan Pemerintah Desa Ribang Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong (Studi pada Kaur Pemerintahan). PubBis: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Publik dan Administrasi Bisnis, 3(2), 102-116.

Sudirman, F. A., Pertiwi, G., & Saidin, S. (2023). Implementasi Kerjasama Sister City Kota Kendari (Indonesia)-Kota La Rochelle (Perancis) dalam Peningkatan Pelayanan Air Bersih (2017-2019). NeoRespublica: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 5(1), 400-416.

Suharto, S. (2023). KEBIJAKAN PEMERINTAH DESA DALAM MEWUJUDKAN PERAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA. PROSIDING SENASPOLHI, 5(1).

Supu, I., Saleh, G. S., & Umuri, H. (2023). Motivasi Kerja Aparat Desa Moutong Timur Kecamatan Moutong Kabupaten Parigi-Moutong. Hulondalo Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi, 2(1), 57-78.

Wuri, R. R., Kaunang, M., & Pioh, N. (2017). Kinerja Aparatur Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Pelayanan Publik (Studi di Desa Sinsingon Kecamatan Passi Timur Kabupaten Bolaang Mongondow). Jurnal Eksekutif, 1(1).

Downloads

Published

2024-03-08

How to Cite

Dinillah, R. R., & Rodiyah, I. (2024). Kinerja Aparatur Desa dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa Watesari. NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 5(2), 646–661. https://doi.org/10.52423/neores.v5i2.217

Issue

Section

Articles