Efektivitas Kios E-Pak Ladi dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa Gunung Gangsir Kabupaten Pasuruan
DOI:
https://doi.org/10.52423/neores.v5i2.212Keywords:
Efektivitas, E-Pak ladi, Pelayanan PublikAbstract
Latar belakang penelitian didasari pada adanya permasalahan terkait efektivitas E-Pak Ladi di Desa Gunung Gangsir yang meliputi kurangnya sosialisasi yang mengakibatkan kurangnya pemahaman masyarakat, tantangan pada operasional yang mempengaruhi efisiensi layanan, dan keterbatasan teknologi dan sumber daya yang menghambat kelancaran penyediaan layanan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas program Kios E-Pak Ladi dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan di Desa Gunung Gangsir Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini dilihat dari indikator pencapaian tujuan, integrasi dan adaptasi menyatakan bahwa, meskipun program E-Pak Ladi telah meningkatkan aksesibilitas terhadap layanan administrasi, upaya berkelanjutan sangat penting untuk meningkatkan sosialisasi, infrastruktur teknologi, sumber daya manusia, dan dalam mengatasi permasalahan teknis. Masih perlu perbaikan terhadap program pelayanan publik untuk memenuhi harapan masyarakat akan kualitas layanan yang lebih baik
References
Alam, S., Al Putra, F., & La Ode Mustafa, R. (2022). STRATEGI PEMBANGUNAN ILMU PENGETAHUAN, TEKNOLOGI DAN INOVASI DAERAH DI SULAWESI TENGGARA. Journal Publicuho, 5(4), 1277-1293.
Agustin, S., & Mursyidah, L. (2022). The Success of the Population Administration Service Program Through the e-PAK LADI Kiosk in Pasuruan Regency. Indonesian Journal of Public Policy Review, 20. https://doi.org/10.21070/ijppr.v20i0.1287
Alya Rahma Yunita. (2023). efektivitas sistem pelayanan administrasi kependudukan langsung jadi secara elektronik (E-Pakl Ladi) Di Cangkringmalang Kecamatan Beji Kabupaten Pasruruan. publika. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/publika.v12n1.p33-48
Anda, A. R., Hussain, M. N., & Jopang, J. (2020). Penerapan Fungsi Manajemen Pemerintahan dalam Pelayanan Publik di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wakatobi. NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(2), 150. https://doi.org/10.52423/neores.v1i2.10423
Aulia, N., Pratama, N., Muchsin, S., & Widodo, R. P. (2020). EFEKTIVITAS INOVASI PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BATU (Studi Inovasi Mobil Senyum, PKK Penak, dan 3 In 1) (Vol. 14, Nomor 4). https://jim.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/8133
Cica Nopika Sari, Meyzi Heriyanto, & Zaili Rusl. (2018). EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS RUKUN WARGA. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, Vol 16(8).
Hasibah, I., Hayat, & Anadza, H. (2022). EFEKTIVITAS PROGRAM PELAYANAN ONLINE KEPENDUDUKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (Studi Kasus Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik). Journal Publicuho, 5(4), 1027–1040. https://doi.org/10.35817/publicuho.v5i4.47
Irwandi, M., Said, M. R., & Basri, B. (2021). SISTEM DIGITALISASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN POLEWALI MANDAR. Journal Peqguruang: Conference Series, 3(2), 592. https://doi.org/10.35329/jp.v3i2.2400
Jamil Bazarah, A. J. dan F. H. (2021). KONSEP PELAYANAN PUBLIK DI INDONESIA (Analisis Literasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Indonesia). http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/dedikasi/article/download/5860/5575
Lahutung, D. A., Sambiran, S., & Pengemanan, F. (2023). JURNAL GOVERNANCE Efektivitas Program Pajak Online Terpadu (Ponter) Dalam Rangka Inovasi Pelayanan Publik. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33772/rzp.v9i4.47408
Lenak, S. M. C., Sumampow, I., & Waworundeng, W. (2021). Efektivitas Pelayanan Publik Melalui Penerapan Electronic Government Di Dinas Pendidikan Kota Tomohon. JURNAL GOVERNANCE, 1(1), 2021.
Maulida, Y., Kapuas, A. K., & Tengah, K. (2019). EFEKTIVITAS WEBSITE DISDUKCAPIL DALAM PELAYANAN KEPENDUDUKAN DI KABUPATEN KAPUAS PROVINSI KALIMANTAN TENGAH. https://disdukcapil.kapuaskab.go.id/.
Mokoginta, Posumah, & Polar. (2021). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI KLINIK ASPIRASI DAN LAYANAN PENGADUAN (KINALANG) PADA ERA NEW NORMAL DI KOTA KOTAMOBAGU. JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK , 7(110).
Oktavia Windi Asih. (2023). EFEKTIVITAS PENYELENGGARAAN MAL PELAYANAN PUBLIK (MPP) DI KOTA MAGELANG. Universitas Tidar.
Pranata, A. H., Kota, A., Provinsi, B., & Riau, K. (2020). EFEKTIVITAS APLIKASI APEKESAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN ADUAN MASYARARAKAT PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA BATAM.
Saputra, D. P., & Widiyarta, A. (2021). Efektivitas Program SIPRAJA Sebagai Inovasi Pelayanan Publik di Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. Dalam Jurnal Penelitian Administrasi Publik │ (Vol. 7, Nomor 2). https://ombudsman.go.id,
Sinambela, L. P. (2009). Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bumi Aksara.
Sudirman, F. A., Pertiwi, G., & Saidin, S. (2023). Implementasi Kerjasama Sister City Kota Kendari (Indonesia)-Kota La Rochelle (Perancis) dalam Peningkatan Pelayanan Air Bersih (2017-2019). NeoRespublica: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 5(1), 400-416.
Strees, R. M. (2015). Efektivitas Organisasi Perusahaan (R. M. Strees, Ed.). erlangga.
Sudah Ada E-Pak Ladi Komisi I Temukan Antrean di Disendukcapil. (2023). Arifin Juwanto. https://radarbromo.jawapos.com/bangil/1001631339/sudah-ada-epak-ladi-komisi-i-setelah-temukan-antrean-di-dispendukcapil
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. alfabeta.
Taufiqurrahman, M. A. (2023). IMPLEMENTASI PROGRAM KIOS E-PAKLADI DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 10(1), 276–289. https://doi.org/10.37606/publik.v10i1.582
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.