Strategi Komunikasi Pemasaran Digital pada Media Sosial Instagram dalam Mempromosikan Brand “Everyday Is Saturday”
DOI:
https://doi.org/10.52423/neores.v4i1.21Keywords:
Pemasaran Digital dan Promosi, KomunikasiAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana dan apa saja strategi dan pengelolaan pengembangan Media Sosial Instagram merek Everyday’s Saturday dalam meningkatkan loyalitas konsumen di Instagram, tentang merek brand Everyday Is Saturday di kota Pekanbaru. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan metode kualitatif, namun memberikan penjelasan atas data dan fakta yang ada, diperlukan satu pengujian atau penjelasan yang lebih mendalam dengan menggunakan eksplanasi. Data dan fakta yang berbentuk verbal atau narasi, dijelaskan (eksplanasi) dengan mengemukakan indikator atau kriteria. Teknik pengumpulan data yang dikelompokkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang yang diambil berdasarkan teknik purposive, yaitu owner Everyday Is Saturday, admin media sosial Everyday Is Saturday, serta followers dari Everyday Is Saturday yang menggunakan Instagram. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi membangun hubungan dengan konsumen dalam membangun kesadaran suatu merk dengan cara melakukan penggunaan media sosial yang maksimal. Berikutnya strategi membangun merk dalam membentuk brand image dan brand awareness itu sendiri dilakukan dengan cara mengedukasi konsumen melalui strategi di dalam media sosial khususnya instagram.
References
Belch,George E. Belch, M. A. (2018). Advertising and Promotion : An Integrated Marketing Communications Perspective, McGraw-Hill Education, New York.
Danuri, M. (2019). Perkembangan dan Transformasi Teknologi Digital. Resensi. Infokam Nomor II.
Lexy J, M. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
McQuail, D. (2009). Mass Communication Theory Stage Publication. london.
Panji, D. . (2015). Studi Kesiapan Lembaga Penyiaran Terhadap Penerapan Sistem Penyiaran Berteknologi Digital di Jogyakarta. JURNAL ILMU KOMUNIKASI, Vol 13(Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jogyakarta), No 2.
Saladin, D. (2003). Manajemen Pemasaran. In Linda Karya. Bandung.
Sudirman, F. A., Sarma, W. O. D., & Susilawaty, F. T. (2020). Promosi Pariwisata Melalui Digital Diplomacy: Upaya Internasionalisasi Pariwisata Daerah. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 5(3), 174–185.
Sudirman, F. A., Tombora, I. T. A., & La Tarifu. (2022). TATA KELOLA KOLABORATIF (COLLABORATIVE GOVERNANCE) PEMBANGUNAN PARIWISATA BAJO MOLA WAKATOBI. Indonesian Journal of International Relations, 6(1), 114–132. https://doi.org/10.32787/ijir.v6i1.335
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &D Edisi Kedua. Jakarta: Alfabeta.
Tjiptono, F. & D. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta.
Umar, H. (2002). Metode Riset Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
West Richard, D. (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Selemba Humanika.
Ze, PR Zokk, S. (2016). Marketing Communications Offline and Online Integration, Engagement and Analytics, Kogan Page, London.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 NeoRespublica: Jurnal Ilmu Pemerintahan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.