Visiting Jogja: Sebuah Inovasi Digital Daerah Sebagai Media Promosi Pariwisata

Authors

  • Avrilia Dayu Venata Venata Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Juhari Sasmito Aji Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.52423/neores.v5i1.186

Keywords:

Digital Marketing, Inovasi, Visiting Jogja

Abstract

Pariwisata adalah sektor non migas yang sangat potensial dan memiliki andil besar terhadap perekonomian suatu negara. Oleh karena itu, pemerintah sudah seharusnya menerapkan inovasi dalam rangka mengoptimalkan sektor pariwisata di Indonesia. Pada penelitian ini fokus membahas tentang inovasi digital Pemerintah DIY sebagai upaya mempromosikan pariwisata daerah melalui akun @visiting_jogja. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan memanfaatkan software Nvivo12 Plus dalam analisis data. Data pendukung lainnya berupa artikel jurnal terdahulu dan website pemerintah. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menganalisis penerapan inovasi digital dalam rangka mempromosikan sektor pariwisata melalui akun Twitter @visiting_jogja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun Twitter @visiting_jogja benar-benar mempu menjadi salah satu platform media sosial yang efektif untuk mempromosikan suatu produk dalam hal ini produk pariwisata di Yogyakarta. Postingan yang ada dalam akun Twitter tersebut dibuat semenarik mungkin dan bersifat persuasif dengan tujuan mempengaruhi dan membujuk para pengguna Twitter.

References

Andinadewi, K. K., & Putri, K. Y. S. (2022). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Akun Twitter @Lemonilo Terhadap Brand Awareness Lemonilo. JCommsci - Journal Of Media and Communication Science, 5(2), 126–135. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v5i2.145

Asri, Nuryah Sj, E. F., & Basith, A. A. (2017). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Untuk Promosi Pariwisata dan Potensi Kearifan Lokal di Pantai Sayang Heulang Kab.Garut. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(12), 1–10.

Bhahri, L. E. S. (2021). E-Tourism Dalam Pengenalan Sektor Pariwisata Berbasis Android Di Kota Makassar. E-Jurnal JUSITI (Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi), 10(1), 94–106. https://doi.org/10.36774/jusiti.v10i1.824

Chiranthan, C. V., Krishna Prasad, M., & Shreyas, R. Y. (2018). Digital MCB. Proceedings of the 2017 International Conference On Smart Technology for Smart Nation, SmartTechCon 2017, 3(1), 1514–1518. https://doi.org/10.1109/SmartTechCon.2017.8358617

Edi Nugroho, L., & Arkham Zahri Rakhman. (2021). Mobilitas Manusia dan Tingkat Penyebaran Covid-19: Sebuah Analisis Kuantitatif. Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi, 10(2), 124–130. https://doi.org/10.22146/jnteti.v10i2.1519

Habibullah, A., & Zainudin, A. (2022). Pemanfaatan Sosial Media Twitter dalam Pemulihan Pariwisata di Yogyakarta Utilization of Twitter Social Media in Tourism Recovery in Yogyakarta. 07(2), 92–104.

Hidayati, D., Asbari, M., & Nursalim, M. H. (2023). Manajemen Kolaborasi: Mengembangkan Ide dan Gagasan Kreatif untuk Membangun Inovasi di Era Industri 4.0. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(01), 91–95.

Kamila Dewi, F., Pratama Putra Prodi Manajemen Komunikasi, R., Ilmu Komunikasi, F., & Islam Bandung, U. (2022). Pengelolaan Media Sosial Instagram Sebagai Strategi Digital Marketing. Bandung Conference Series: Communication Management, 758–762.

Mahardika, E., & Gilang Gusti Aji. (2018). Implementasi Komunikasi Pemasaran Digital Dalam Promosi Pariwisata (Studi Kasus Pada Kota Wisata Batu). Communication & Social Media, 2(2), 5–8.

Mali, M. G. (2021). Peran Pemerintah Dalam Pengembangan Pariwisata Era New Normal Di Daerah Istimewa Yogyakarta Melalui Aplikasi Visiting Jogja. Destinesia : Jurnal Hospitaliti Dan Pariwisata, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.31334/jd.v3i1.1796

Munir, U., Dimyati, K., & Absori, A. (2019). Implementasi Kebijakan Pengembangan Pariwisata di Pulau Lombok. YUSTISIA MERDEKA : Jurnal Ilmiah Hukum, 4(2), 128–137. https://doi.org/10.33319/yume.v4i2.13

Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier. Quanta, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950

Putu Dian Restiana Dewi, G. S. D. (2022). MENAKAR EFEKTIVITAS DIGITAL MARKETING VIA INSTAGRAM Putu Dian Restiana Dewi, Gede Sri Darma Universitas Pendidikan Nasional, Denpasar. Edunomika, 06(01), 83–94.

Putu Henny Puspawati, D., & Ristanto, R. (2018). Strategi Promosi Digital Untuk Pengembangan Pariwisata Kota Magelang. Jurnal Jendela Inovasi Daerah, 1(2), 1–20. https://doi.org/10.56354/jendelainovasi.v1i2.14

Retnasary, M., Setiawati, S. D., Fitriawati, D., & Anggara, R. (2019). Pengelolaan Media Sosial Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 76–83.

Siagian, A. O., Martiwi, R., & Indra, N. (2020). Kemajuan Pemasaran Produk Dalam Memanfaatkan Media Sosial Di Era Digital. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), 44. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i3.4497

Sudirman, F. A., Sarma, W. O. D., & Susilawaty, F. T. (2020). Promosi Pariwisata Melalui Digital Diplomacy: Upaya Internasionalisasi Pariwisata Daerah. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 5(3), 174–185.

Sudirman, F. A., Tombora, I. T. A., & La Tarifu. (2022). Tata Kelola Kolaboratif (Collaborative Governance) Pembangunan Pariwisata Bajo Mola Wakatobi. Indonesian Journal of International Relations, 6(1), 114–132. https://doi.org/10.32787/ijir.v6i1.335

Tomaro, Q. P. V. (2019). The ‘Moros of Mindanao: A Subject of Social Closure. Journal of Governance and Public Policy, 6(2). https://doi.org/10.18196/jgpp.62109

Ulfa, K., Zaenuri, M., Rahmawati, D. E., Rassanjani, S., Mukhrijal, M., & Imanullah, A. (2021). Branding Strategy “The Light Of Aceh” Through E-Tourism On Sustainable Tourism Development in Aceh Province. Journal of Governance and Public Policy, 8(3), PROGRESS. https://doi.org/10.18196/jgpp.v8i3.11034

Warmayana, I. G. A. K. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Promosi Pariwisata pada Era Industri 4.0. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 3(2), 81. https://doi.org/10.25078/pba.v3i2.649

Yamali, F. R., & Putri, R. N. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4(2), 384. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v4i2.179

Downloads

Published

2023-10-22

How to Cite

Venata, A. D. V., & Aji , J. S. (2023). Visiting Jogja: Sebuah Inovasi Digital Daerah Sebagai Media Promosi Pariwisata. NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 5(1), 319–328. https://doi.org/10.52423/neores.v5i1.186