Efektivitas Program Taman Bacaan Masyarakat dalam Meningkatkan Literasi Masyarakat Perkotaan di RW 5 Kelurahan Jambangan, Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.52423/neores.v5i2.182Keywords:
Efektivitas, Pelayanan, Taman Bacaan MasyarakatAbstract
Di era globalisasi ini, muncul permasalahan terkait rendahnya minat membaca masyarakat perkotaan. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan telah mengambil langkah proaktif dengan meluncurkan Program Taman Bacaan Masyarakat. Salah satu program Taman Bacaan Masyarakat yang terletak di tengah perkotaan adalah Taman Bacaan Masyarakat di RW 5 Kelurahan Jambangan, Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya. Melalui program ini, Taman Baca Masyarakat RW 5 berhasil meraih penghargaan di bidang desa literasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program Taman Baca Masyarakat dalam Meningkatkan Literasi Masyarakat Perkotaan di RW 5 Kelurahan Jambanagan Kecamatan Jambangan Kota Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Taman Bacaan Masyarakat telah berjalan efektif berdasarkan tiga indikator efektivitas program Duncan yaitu pencapaian tujuan, integrasi dan adaptasi. Taman Bacaan Masyarakat dinilai mampu memberikan pelayanan yang komprehensif dan profesional. Namun, kurangnya tenaga kerja membuat waktu pelayanan menjadi kurang dari yang seharusnya
References
Agustiani, D. H., & Wicaksono, M. F. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Literasi: Studi Kasus Taman Baca Masyarakat Matahari Indonesia Kediri. Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan Dan Kearsipan, 23(1), 5.
Cresswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches Fifth Edition. Sage Publications.
Izudin, A. (2019). Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Dalam Mewujudkan Good Governance Di Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta. Publisia: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 4(1), 1–10.
Lexy J, M. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung.
Mansyur, U. (2019). Gempusta: Upaya Meningkatkan Minat Baca. Retrieved From https://www.researchgate.net/publication/337671871
Miftahuddin, F. (2020). Efektivitas Program Promosi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Little Bandung Dalam Meningkatkan Pemasaran Industri Kreatif Kota Bandung (Studi Kasus Little Bandung Store Di Petaling Jaya–Malaysia). In Other Thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Misriyani, M., & Mulyono, S. E. (2019). Pengelolaan Taman Baca Masyarakat. Journal Of Nonformal Education And Community Empowerment, 3(2), 160–172. https://doi.org/10.15294/pls.v2i1.23448
Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 03 Tahun 2022 Tentang Penyelenggaraan Perpustakaan. (2022).
Putri, A., & Prathama, A. (2022). Efektivitas Pelayanan Korban Kekerasan Terhadap Perempuan Dan Anak Melalui Program Bunga Tanjung Di Rsud Tarakan Jakarta. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 10(2), 98–108.
Rachman, A., & Djumiarti, T. (2018). Kualitas Pelayanan Dalam Proses Pembuatan EKtp Di Tpdk Dispendukcapil Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang. Undip E-Journal Systems (Uejs), 1–6.
Sari, C. N., Heriyanto, M., & Rusli, Z. (2018). Efektivitas pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat berbasis rukun warga. JIANA (Jurnal Ilmu Administrasi Negara), 16(2), 135-141.
Shabrina, M. A., & Hertati, D. (2024). Efektivitas Penanganan Dugaan Pelanggaran HAM di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Barat. NeoRespublica: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 5(2), 469-479.
Steers, R. M. (1985). Efektivitas Organisasi. Terjemahan Oleh Magdalena Jamin. Jakarta: Erlangga.
Takaluhude, S. A., Gosal, R., & Kasenda, V. (2022). Implementasi Kebijakan Pengelolaan Sampah Di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Sangihe Studi Kelurahan Sawangbendar Kecamatan Tahuna. Jurnal Governance, 2(2).
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Tenaga Ketenagakerjaan. (2003).
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. (2007).
Yanuarsari, R., & Muchtar, H. S. (2022). Pelatihan Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat (Tbm) Dalam Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 142–148. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i1.1577
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.