Penerapan E-Government Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Melalui Aplikasi Jakarta Kini (Jaki) dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Tahun 2022
DOI:
https://doi.org/10.52423/neores.v5i1.146Keywords:
e-Government, Aplikasi Jakarta Kini (JAKI), Jakarta Smart City, Pelayanan PublikAbstract
Penelitian ini membahas mengenai penerapan e-Government oleh Pemprov DKI Jakarta melalui aplikasi Jakarta Kini (JAKI) dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik tahun 2022. Pada penelitian ini menggunakan teori hasil dari kajian Harvard JFK School of Government yang terdiri dari tiga elemen yaitu support, capacity, dan value. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka, wawancara, dan obervasi, teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling, penelitian ini melibatkan staf DPRD Provinsi DKI Jakarta, pihak BLUD Jakarta Smart City, dan masyarakat pengguna aplikasi Jakarta Kini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan aplikasi Jakarta Kini ditemukan sejumlah masalah yaitu adanya laporan yang tidak ditindaklanjuti dan sering terjadinya system error yang menghambat pengguna untuk mengakses JAKI, hal tersebut diantaranya adalah aplikasi yang sering ter-log out dengan sendirinya dan kode verifikasi OTP yang cenderung membutuhkan waktu lama untuk dapat terkirim ke pengguna
References
Dwiyanto, A. (2014). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Gadjah Mada University Press.
Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Bumi Aksara.
Hardiyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik - Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Gava Media, 250.
Hayat. (2017). Manajemen Pelayanan Publik. PT RajaGrafindo Persada.
Hidayah, D. D. (2020). KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (Studi Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Cipatujah KabupatenTasikmalaya). Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 7(1), 28–34.
Indrajit, R. E. (2002). Membangun Aplikasi E-Government. Membangun Aplikasi E-Government.
Indrajit, R. E. (2005). E-Government In Action: Ragam Kasus Implementasi Sukses di Berbagai Belahan Dunia. CV ANDI OFFSET (Penerbit ANDI).
Indrajit, R. E. (2006). Electronic Government: Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital. CV ANDI OFFSET (Penerbit ANDI).
Moleong, L. K. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Naomi, S. M. (2021). Inovasi Aplikasi Jakarta Kini (Jaki) Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Dan Informasi Publik Terintegrasi Pemerintah Provinsi Dki Jakarta. http://repository.ub.ac.id/189751/
Nurdin, I. (2019). kualitas Pelayanan Publik (PERILAKU APARATUR DAN KOMUNIKASI BIROKRASI DALAM PELAYANAN PUBLIK). https://doi.org/10.31219/osf.io/hk394
Sudirman, F. A., & Saidin, S. (2022). Pemerintahan Berbasis Elektronik (E-Government) dan Pembangunan Berkelanjutan: Reviu Literatur Sistematis. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 21(1), 44–58. https://doi.org/10.35967/njip.v21i1.269
Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. CV Alfabeta.
Syafiie, I. K. (2005). Pengantar Ilmu Pemerintahan. PT Refika Aditama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.