Kualitas Pelayanan Badan Pengusahaan Batam dalam Pelayanan Perizinan Berbasis Sistem Indonesian Batam Online Single Submission Tahun 2022-2023

Authors

  • Muhammad Luthfillah Universitas Padjadjaran
  • Jajang Sutisna Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.52423/neoresjurnal.v5i1.142

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Perizinan, Kota Batam, Sistem IBOSS

Abstract

Penyelenggaraan Pelayanan Publik dapat dilakukan oleh Badan Pengusahaan yang dibentuk berdasarkan peraturan-perundang-undangan. Kota Batam sebagai daerah yang termasuk kepada Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas memiliki keistimewaan sebagai daerah Free Trade Zone. Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan bebas menyebabkan penyelenggaraan pelayanan publik juga dilakukan oleh Badan Pengusahaan  Batam (BP Batam). Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas pelayanan perizinan yang dilakukan oleh Badan Pengusahaan Batam dengan menggunakan sistem Indonesian Batam Online Single Submission (IBOSS). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif agar dapat menggambarkan kualitas pelayanan perizinan BP Batam dari lima dimensi yang digunakan peneliti yaitu tangible (berwujud), reliability (kehandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan), dan empathy (empati). Dari hasil penelitian dilapangan, peneliti menyimpulkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh BP Batam sudah baik apalagi dengan penggunaan sistem IBOSS yang dapat memudahkan masyarakat dalam mengajukan permohonan perizinan

References

Agung Kurniawan. (2005). Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaharuan.

Ansyari, I., Adnan, M. F., & Ahmad, B. R. (2019). Peran Elit dalam Dominasi Partai Golkar di Kabupaten Tanah Datar Sejak Era Reformasi. NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 6(2), 403. https://doi.org/10.31604/jips.v6i2.2019.403-416

Aris. (2021). Jumlah Perusahaan yang Tutup di Batam Meningkat. Diambil dari batampos.co.id website: https://batampos.co.id/2021/06/29/jumlah-perusahaan-yang-tutup-di-batam-meningkat/

Berliana. (2021). Ombudsman: Tingkat Kepatuhan Pelayanan Publik BP Batam 63,81. Diambil dari harianhaluankepri.com website: https://harianhaluankepri.com/ombudsman-tingkat-kepatuhan-pelayanan-publik-bp-batam-6381/

BR.Sihaloho, R. C. H. (2018). Pelayanan Izin Investasi di Kota Batam. Universitas Padjadjaran.

Christina, Y. (2017). Kualitas Pelayanan Perizinan Penanaman Modal Asing di Badan Pengusahaan Kota Batam. Universitas Negeri Yogyakarta

Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus Republik Indonesia. (2021). Pemerintah Tetapkan Dua KEK Baru di Batam. Diambil 20 September 2022, dari kek.go.id website: https://kek.go.id/berita/2021/06/Pemerintah-Tetapkan-Dua-KEK-Baru-di-Batam-298

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Tengah. (2021). Infografis Perizinan Berusaha Berbasis Risiko. Diambil 26 September 2022, dari web.dpmptsp.jatengprov.go.id website: https://web.dpmptsp.jatengprov.go.id/packages/upload/portal/files/Infografis Perizinan Berusaha Berbasis Risiko.pdf

Dodo. (2022a). Kisruh Izin Usaha, DPRD Nilai PTSP Pemko dan BP Batam Tak Sinkron. Diambil dari batamnews.co.id website: https://www.batamnews.co.id/berita-90505-kisruh-izin-usaha-dprd-nilai-ptsp-pemko-dan-bp-batam-tak-sinkron.html

Dodo. (2022b). Ombudsman Soroti Penurunan Kualitas Pelayanan Pemko Batam. Diambil dari batamnews.co.id website: https://www.batamnews.co.id/berita-86592-ombudsman-soroti-penurunan-kualitas-pelayanan-pemko-batam.html

Firmansyah, H. (2020). Pelayanan Publik:Di Era Tatanan Normal Baru. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Hardiyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers.

Idriansyah, E. (2023). Kualitas Pelayanan Pemko dan BP Batam Terendah, Ini Komentar Apindo Batam. Diambil 11 Februari 2023, dari batampos.co.id website: https://batampos.co.id/2023/02/06/kualitas-pelayanan-pemko-dan-bp-batam-terendah-ini-komentar-apindo-batam/

Iko. (2021). Daftar 26 Kawasan Industri di Batam, Total Tenaga Kerja 98.348 Orang. Diambil 29 September 2022, dari suarakala.id website: https://suarakala.id/daftar-26-kawasan-industri-di-batam-total-tenaga-kerja-98-348-orang/

Indonesian Batam Online Single Submission. (2020). Mudahkan Investor, BP Batam Gesa Operasional IBOSS Tahun Ini. Diambil 29 September 2022, dari iboss.go.id website: https://iboss.go.id/front/id/berita-iboss-detail/64

Loka, D. M., Abdullah, A., & Sudirman, F. A. (2022). Identifikasi Pelayanan Publik Berbasis E-Government Pemerintah Kota Kendari Pada Masa New Normal. NeoRespublica: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 4(1), 205–218.

News, N. (2022). Barang Konsumsi Asal Batam Dilarang ke Luar Daerah Pabean, Pengusaha Importir Mengeluh. Diambil dari nagoyanews.co.id website: https://www.nagoyanews.co.id/2022/08/16/barang-konsumsi-asal-batam-dilarang-ke-luar-daerah-pabean-pengusaha-importir-mengeluh/

News, P. (2022). BP Batam Gagal Pastikan Realisasi Investasi Thumbay. Diambil dari penajamnews.com website: https://www.penajamnews.com/bp-batam-gagal-pastikan-realisasi-investasi-thumbay/

Paramitha, D. (2019). Implementasi Proses Pengajuan Perizinan Berusaha pada Perseroan Terbatas Melalui Sistem Online Single Submission di Kota Batam. Universitas Internasional Batam.

Wiranata, R. (2022). Ombudsman Kepri: BP Batam Belum Konsisten Terapkan Standar Pelayanan. Diambil dari batamnews.co.id website: https://www.batamnews.co.id/berita-86570-ombudsman-kepri-bp-batam-belum-konsisten-terapkan-standar-pelayanan.html,

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Muhammad Luthfillah, & Jajang Sutisna. (2023). Kualitas Pelayanan Badan Pengusahaan Batam dalam Pelayanan Perizinan Berbasis Sistem Indonesian Batam Online Single Submission Tahun 2022-2023. NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 5(1), 1–28. https://doi.org/10.52423/neoresjurnal.v5i1.142