Strategi Pelayanan Perpustakaan Pintar Jambangan Kelurahan Jambangan Kota Surabaya

Authors

  • Aprilia Enggar Pratiwi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Ananta Prathama Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.52423/neores.v5i2.108

Keywords:

Pelayanan Publik, Perpustakaan Kelurahan, Strategi Pengelolaan

Abstract

Perpustakaan Pintar Jambangan menjadi perpustakaan kelurahan percontohan di di Kota Surabaya karena berhasil mewakili Kota Surabaya dalam lomba perpustakaan tingkat provinsi se-Jawa Timur pada tahun 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan strategi pelayanan Perpustakaan Pintar Jambangan Kelurahan Jambangan Kota Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan melaksanakan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Fokus penelitian menggunakan model analisis strategi SOAR milik terdiri dari kerangka kerja kekuatan (strengths), peluang (opportunities), aspirasi (aspirations), dan hasil (results). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kekuatan strategi  pelayanan yang dilakukan Perpustakaan Pintar Jambangan sudah sesuai dengan analisis strategi SOAR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pelayanan Perpustakaan Pintar Jambangan melalui analisis model SOAR antara lain: 1) aspek strengths memiliki pelayanan, program dan fasilitas perpustakaan yang unggul dan menarik. 2) aspek opportunities dengan memanfaatkan lokasi strategis dan dukungan dari pihak luar terhadap Perpustakaan Pintar Jambangan. 3) aspek aspirations dengan meningkatkan minat baca masyarakat sekitar Kelurahan Jambangan. 4) aspek results telah dicapai Perpustakaan Pintar Jambangan yaitu sebagai perpustakaan percontohan di Kota Surabaya.

References

Bovaird, T. (2007). Beyond engagement and participation: User and community coproduction of public services. Public Administration Review, 67(5). https://doi.org/10.1111/j.1540-6210.2007.00773.x

Hambrick, D. C., & Fiedrickson, J. W. (2005). Are you sure you have a strategy? In Academy of Management Executive (Vol. 19, Issue 4). https://doi.org/10.5465/AME.2005.19417907

Hermawan, A. H., Hidayat, W., & Fajari, I. (2020). MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 5(1). https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.6151

Kriswibowo, A., & Prathama, A. (2019). Kajian Evaluatif atas Penerapan Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 7(1). https://doi.org/10.24252/kah.v7i1a6

Kuswara, W. (2015). Strategi Pelayanan Perpustakaan Di Kantor Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kabupaten Mempawah. GOVERNANCE, Jurnal Ilmu Pemerintahan, 3(4).

Lumbantoruan, J. H. (2019). Buku Materi Pembelajaran Teori Peluang dan Kombinatorika. Universitas Kristen Indonesia.

Mahardhani, A. J. (2022). Pelayanan Publik Di Bidang Pendidikan Pada Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial, 5(2). https://doi.org/10.25139/jmnegara.v5i2.3522

Mukarom, Z., & Laksana, M. W. (2020). Manajemen Pelayanan Publik. CV Pustaka Setia.

Primadany, S. R., Mardiyono, & Riyanto. (2013). ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA DAERAH (Studi pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Daerah Kabupaten Nganjuk). Jurnal Administrasi Publik, 1(4).

Rodin, R., Khotimah, K., & Aprien, L. (2020). Pemberdayaan Perpustakaan Kelurahan Dalam Menunjang Kegiatan Belajar Mengajar Di PAUD Restu Bunda Kelurahan Dusun Curup. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 11(1). https://doi.org/10.20885/unilib.vol11.iss1.art7

Rusniati, & Haq, A. (2014). Perencanaan Strategis dalam Perspektif Organisasi. Intekna, 14(2).

Setijaningrum, E. (2009). Inovasi Pelayanan Publik. In Medika Aksara Globalindo (1st ed.). Medika Aksara Globalindo.

Sinambela, L. P. (2017). Reformasi Pelayanan Publik : Teori, Kebijakan dan Implementasi. In Bumi Aksara.

Stavros, J. M., & Cole, M. L. (2014). SOARing Towards Positive Transformation and Change. ABAC ODI JOURNAL, 1(2). https://learning.westminster.ac.uk/bbcswebdav/pid-2087436-dt-content-rid-5714243_1/courses/7PJMN001W.1.2017/SOARing towards positive transformation and change.pdf

Syahfuddin, M. N., & Prathama, A. (2022). Strategi Pengembangan Objek Wisata Ngopi Bareng Pintu Langit di Desa Ledug Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 34. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i1.1964

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi

Downloads

Published

2024-02-06

How to Cite

Pratiwi, A. E., & Prathama, A. (2024). Strategi Pelayanan Perpustakaan Pintar Jambangan Kelurahan Jambangan Kota Surabaya. NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 5(2), 417–428. https://doi.org/10.52423/neores.v5i2.108

Issue

Section

Articles