Tinjauan Kualifikasi Jabatan Fungsional Analis Kebijakan Pemerintah Daerah Berdasarkan Permen Pan No. 45 Tahun 2013

Authors

  • Abdur Rahim Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Nisaul Fatona Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia
  • Naufal Ghaly Rozani Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia
  • Budi Santoso Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia
  • Sukamsi Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52423/neoresjurnal.v4i2.85

Keywords:

Jabatan Analis Kebijakan, PERMEN PAN

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Kualifikasi Jabatan Fungsional Analis Kebijakan Pemerintah Daerah Berdasarkan Permen PAN No.45 Tahun 2013. Analisis kebijakan merupakan studi sosiologi terapan dengan tujuan untuk membuat kebijakan. Melakukan analisis adalah hal yang wajib untuk menentukan isi kebijakan, yang mencakup data tentang masalah yang akan dipecahkan dan konsekuensi potensial dari kebijakan yang diberlakukan. Kebijakan publik adalah serangkaian pilihan yang saling berhubungan yang dirancang  oleh lembaga atau pejabat pemerintahan. Ada beberapa jenis kebijakan yang dapat ditemukan dalam berbagai literatur, yang pertama, kebijakan yang bersifat mengatur (regulatif). Undang-undang adalah peraturan Negara tingkat makro yang harus dipatuhi secara ketat dan secara ekslusif hanya pemerintah dapat merumuskannya. Yang kedua, kebijakan pengalokasian (alokatif), yaitu kebijakan yang meratakan sumber daya seperti uang, bangunan atau infrastruktur. Ketiga, Kebijakan Distributif yang bersifat mendistribusikan. Anlisis Kebijakan Publik akan sangat membantu dalam menghindari kebijakan yang hanya mengandalkan faktor keterbatasan atau kekuasaan. Analisis kebijakan dapat menjadi antisipasi untuk mengurangi kegagalan eksekusi dengan memberikan informasi dan alasan yang lebih lengkap dan dapat diterima secara umum.

References

Ali, M. (2017). Kebijakan Pendidikan Menengah Dalam Perspektif Governance di Indonesia. Universitas Brawijaya Press.

Alyasin, U. M. (2022). Kewenangan Antara Pemerintah Pusat Dan Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Dalam Revitalisasi Taman Monas Berdasarkan Kepres No. 25 Tahun 1995 Tentang Pembangunan Kawasan Medan Merdeka Di Wilayah Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta. Universitas Pasundan.

Anggara, S. (2014). Kebijakan Publik. CV. Pustaka Setia.

Dayanto. (2016). Pembentukan Peraturan Daerah Yang Baik Sebagai Sarana Mewujudkan Tujuan Otonomi Daerah. Tahkim, IX(2), 131.

Dunn, W. (2004). Public policy analysis: An introduction.

Hafil, M. (2011). Perda Ditolak, Kemenkumham Bentuk Pusat Hukum Terpadu di Daerah. Republika. https://www.republika.co.id/berita/llkokq/perda-ditolak-kemenkumham-bentuk-pusat-hukum-terpadu-di-daerah

Jabar, B. (2017). Mekanisme Pencabutan Produk Hukum Daerah. Jabar.Bpk.Go.Id.

Karmanis, & Karjono. (2020). Buku Pedoman Belajar Studi Analisis Kebijakan Publik. CV. Pilar Nusantara.

Kay, A. (2006). The dynamics of public policy: Theory and evidence. Edward Elgar Publishing.

Kumorotomo, W., Purwanto, E. A., Pramusinto, A., Widaningrum, A., Dwiputrianti, S., & Rahmalia, M. (2013). Naskah Akademik Jabatan Fungsional Analis Kebijakan.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negaradan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2018 Tentang Jabatan Fungsional Analis Transaksi Keuangan, (2018).

Sahid, A. A., Zulkarnain, F., Nasrudin, R., Sinka, V., & Jannah, M. (2021). Inovasi Pengembangan Ilmu Politik Di Indonesia : Pengalaman Universitas Indonesia (Politicon).

Soviyanti, N. (2019). Analisis Kebutuhan dan Kondisi Jabatan Fungsional di Lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat. Jurnal Inspirasi, 10(1), 68–77. https://doi.org/10.35880/inspirasi.v10i1.71

Wahab, S. A. (2021). Analisis kebijakan: dari formulasi ke penyusunan model-model implementasi kebijakan publik. Bumi Aksara.

Widodo, J. (2021). Analisis Kebijakan Publik. Media Nusa Kreatif.

Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2023-06-02

How to Cite

Abdur Rahim, Nisaul Fatona, Rozani , N. G., Santoso, B., & Sukamsi. (2023). Tinjauan Kualifikasi Jabatan Fungsional Analis Kebijakan Pemerintah Daerah Berdasarkan Permen Pan No. 45 Tahun 2013. NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 4(2), 387–395. https://doi.org/10.52423/neoresjurnal.v4i2.85

Issue

Section

Articles