Kampanye Lingkungan pada Program Restorasi Ekosistem Riau (RER) Hutan oleh Grup APRIL di Semenanjung Kampar

Authors

  • Raja Zulkarnain Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Riau
  • Muhammad Firdaus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Riau
  • Welly Wirman Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.52423/neores.v4i2.39

Keywords:

Kampanye, Lingkungan, Restorasi Ekosistem Riau

Abstract

Restorasi Ekosistem Riau (RER) merupakan kegiatan kolaborasi dunia usaha dengan berbagai lembaga yang berpengalaman dibidang restorasi hutan dan pemberdayaan masyarakat yang bertujuan untuk memulihkan fungsi hutan yang mengalami kerusakan dan menjaga keanekaragaman hayati di hutan semenanjung Kampar Kabupaten Pelalawan Propinsi Riau. RER memastikan bahwa kegiatan ekonomi masyarakat yang berada di sekitar kegiatan RER berjalan atau selaras dengan alam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kampanye lingkungan pada kegiatan restorasi ekosistem RER.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan kampanye lingkungan dimulai pada saat melakukan sosialisasi bersama khalayak sasaran kampanye, pada saat kunjungan tamu ke lapangan, kampanye ikut aktif partisipasi pada kegiatan eksternal yang bertemakan lingkungan, Kampanye melalui eco camp sebagai pusat kajian hutan gambut. Kampanye lingkungan kegiatan RER dilakukan melalui saluran komunikasi media social seperti Facebook, Instagram, LinkIn, Twitter dan YouTube, kampanye pada saat kegiatan ekspo, kampanye lingkungan Restorasi Ekosistem Riau (RER) juga dilakukan melalui film dokumenter

References

Ahmad. (2020). Ahmad Strategi Komunikasi Lingkungan dalam Konservasi Hutan Mangrove Berbasis Partisipasi Kelompok Masyarakat (Studi Pada PT. EMP Malacca Strait S.A).

Venus, Antar. (2019). Manajemen Kampanye. Simbiosa Rekatama Media.

Anuar, Rasyid. (2019). Metode Penelitian Komunikasi. UR Press.

Alisjahbana, Armida Salsiah & Murniningtyas, Endah. (2018). Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia. Pressunpad.

Firdaus Muhammad, Awza Rusmadi & Rumyeni. (2017). KOMUNIKASI LINGKUNGAN TAMAN NASIONAL TESSO NILO DALAM MELAKUKAN KONSERVASI DI KABUPATEN PELALAWAN PROVINSI RIAU.

RER. (2017). Laporan Kemajuan RER.

RER. (2018). Laporan Kemajuan RER.

RER. (2019). Laporan Kemajuan RER.

RER. (2020). Laporan Kemajuan RER.

Ananda, Rusydi, & Amiruddin. (2017). INOVASI PENDIDIKAN. CV. Widya Puspita.

Qona’ah, Siti. (2019). Strategy Kampanye Gerakan #BijakBerplastik PT Danone Aqua Dalam Merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2018. Komunikasi, 10.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sudirman, F. A., & Phradiansah, P. (2019). Tinjauan Implementasi Pembangunan Berkelanjutan: Pengelolaan Sampah Kota Kendari. JURNAL SOSIAL POLITIK, 5(2), 291. https://doi.org/10.22219/sospol.v5i2.9821

UU RI No. 32. (2009). Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Yenrizal. (2017). Lestarikan Bumi Dengan Komunikasi Lingkungan. DEEPUBLISH.

Yuliawati, & Irawan, Enjang Pera. (2018). Identifikasi Kampanye Gerakan Lingkungan Hijau Dalam Mendukung Ketahanan Pangan Nasional. Politikom IndonesianA, 3.

Downloads

Published

2023-06-02

How to Cite

Zulkarnain, R., Firdaus, M., & Wirman, W. (2023). Kampanye Lingkungan pada Program Restorasi Ekosistem Riau (RER) Hutan oleh Grup APRIL di Semenanjung Kampar. NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 4(2), 285–300. https://doi.org/10.52423/neores.v4i2.39

Issue

Section

Articles