Analisis Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan : Aplikasi Plavon Dukcapil di Pemerintah Desa Gempolsari
DOI:
https://doi.org/10.52423/neores.v6i1.836Keywords:
Administrasi Kependudukan, Kualitas, Plavon DukcapilAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan mengenai kualitas pelayanan administrasi kependudukan menggunakan aplikasi Plavon Dukcapil di Pemerintah Desa Gempolsari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan melakukan observasi langsung dan wawancara mendalam terhadap tiga informan yang terlibat dalam pelayanan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada indikator tangibles, pegawai menunjukkan penampilan dan kedisiplinan yang baik serta fasilitas pelayanan yang memadai, namun masih terdapat kekurangan yaitu belum tersedianya papan informasi alur pelayanan. Pada indikator reliability, pegawai terampil dan kompeten dalam mengoperasikan sistem, namun perlu perbaikan dalam penyampaian prosedur pelayanan. Pada indikator responsiveness, pegawai merespons keluhan masyarakat dengan cepat berkat sarana komunikasi yang memadai. Pada indikator assurance, layanan diberikan secara gratis namun belum dapat memberikan jaminan terkait waktu penyelesaian dokumen. Terakhir, pada indikator empathy, pegawai dikenal ramah dan berkomitmen memenuhi kebutuhan masyarakat, sehingga memberikan pengalaman pelayanan yang memuaskan. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar Pemerintah Desa Gempolsari menambahkan papan informasi alur pelayanan dan meningkatkan pengelolaan waktu penyelesaian dokumen untuk memperbaiki kualitas pelayanan
References
Abdillah, R., & Hardjati, S. (2024). Elements of Successful Implementation of “PLAVON” (Online Services) At the Sidoarjo Regency Population and Civil Registry Service. JKMP (Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik), 12(1), 24–35. https://doi.org/10.21070/jkmp.v12i1.1767
Along, A. (2020). Kualitas Layanan Administrasi Akademik di Politeknik Negeri Pontianak. Antonius Along/ JIAP, 6(1), 94–99. https://doi.org/https://doi.org/10.21776/ub.jiap.2020.006.01.11
Anugrah, P., Kustiawan, K., & Marliani, L. (2023). Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 10(3).
Cahyani, T. K., & Rosdiana, W. (2023). Analisis Kualitas Layanan Melalui E-Plavon (Pelayanan Via Online) Di Analysis Of Service Quality Through E-Plavon (Service Via Online) In Trosobo Village, Taman Sub-District, Sidoarjo District. Jurnal Inovasi Administrasi Negara Terapan , 1(1). Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/innovant/article/view/25684
Fatimah, A. S., & Rodiyah, I. (2021). Quality of Service for Family Cards and Identity Cards in the Seduri Village Government, Balongbendo District, Sidoarjo Regency. Indonesian Journal of Cultural and Community Development, 9. https://doi.org/10.21070/ijccd2021755
Gumolung, S., Jacinta Rares, J., & Mambo, R. (2023). Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Desa Bowombaru Utara Kecamatan Melonguane Timur Kabupaten Kepulauan Talaud. Jurnal Administrasi Publik , 9(4), 528–538. https://doi.org/https://doi.org/10.35797/jap.v9i4.49292
Haliza, S. N., & Agustina, I. F. (2024). Quality Of Population Administration Services Through Online Service (Plavon) In Realizing E-Government Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Pelayanan Via Online (Plavon) Dalam Mewujudkan E-Government. Retrieved from http://plavon.sidoarjokab.go.id,
Hamidah, S. W. (2022). Sosialisasi Pelayanan Publik Berbasis Website Plavon Melalui Akun Instagram @Dispendukcapilsidoarjo. https://doi.org/https://doi.org/10.55499/intelektual.v9i2.79
Hardiyansyah, H. (2011). Kualitas pelayanan publik: konsep, dimensi, indikator, dan implementasinya. Yogyakarta : Gava Media.
Juprihantoro, D., & Wahyu Pradana, G. (2023). Inovasi Aplikasi Pelayanan Via Online (Plavon) Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo. Publika, 11(2), 1747–1762.
Khoirunnisak, K., & Rodiyah, I. (2023). Implementation of the Web Plavon Dukcapil Program in Improving Population Administration Services in Glagaharum Village [Implementasi Program Web Plavon Dukcapil dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa Glagaharum]. Retrieved from http://plavon.sidoarjokab.go.id
Marfiati, R., & Reviandani, O. (2023). Kualitas Pelayanan Program Jemput Bola Terpadu Oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo. PUBLIKA : Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 9(2), 204–210. https://doi.org/10.25299/jiap.2023.13533
Mawarni, Y. Q., Radjikan, R., & Hariyoko, Y. (2021). Penerapan Pelayanan Prima Berbasis E-government Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo.Penerapan Pelayanan Prima Berbasis E-government Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=p0wXBAAAQBAJ&lpg=PP1&hl=id&pg=PR4#v=onepage&q&f=false
Nafiatul Fikriyah, S., & Sukmana, H. (2023). Efektivitas Pelayanan Via Online (PLAVON) Dukcapil. Public Policy Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik & Bisnis, 4(2), 575–592. Retrieved from https://stia-saidperintah.e-journal.id/ppj
Naldi, M., Mahsyar, A., & Yusuf, M. (2023). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kantor Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kabupaten Bantaeng. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), 4(3). Retrieved from https://journal.unismuh.ac.id/index.php/kimap/index
Prasetijowati, T., Kurniawan, B. A., Damayanti, A. N., Kunci, K., & Abstrak, : (2024). Inovasi Pelayanan Akta Kelahiran Melalui Website Plavon Dukcapil Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo Inovvation of Birth Certificate Services Through the Plavon Dukcapil Website at The Service of Population and Civil Registration in Sidoarjo District. JIPAGS (Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies), 8(1).
Pristikawati, V., & Oktariyanda, T. A. (2024). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kantor Kelurahan Manyar Sabarangan, Kecamatan Mulyorejo,Kota Surabaya. Publika, 12(1), 49–62. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/publika.v12n1.p49-62
Purnawan, A., Karmila, M., & Sutiana, J. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Desa Sindangsari Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut. Jurnal Ilmiah Kajian Politik Lokal Dan Pembangunan, 10(3).
Rachma, D. L. N., & Noviyanti, N. (2023). Kualitas Pelayanan Pengurusan Surat Keterangan Tidak Mampu (Sktm) Di Balai Desa Waru Kabupaten Sidoarjo Quality Of Management Services Of Certificate Of Disadvantage (Sktm) In The Waru Village Hall, Sidoarjo District. Inovant (Jurnal Administrasi Negara Terapan), 1(2), 283–296.
Rahmawati, Y. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Administrasi Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sudirman, F. A., & Saidin, S. (2022). Pemerintahan Berbasis Elektronik (E-Government) dan Pembangunan Berkelanjutan: Reviu Literatur Sistematis: Reviu Literatur Sistematis. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 21(1), 44-58.
Ummaroh, N. A., & Choiriyah, I. U. (2023). The Application Of E-Government Through Online Services (PLAVON) DUKCAPIL (Case study In Kajeksan Village, Tulangan District, Sidoarjo Regency): Penerapan E-Government Melalui Pelayanan Via Online (PLAVON) DUKCAPIL (Studi kasus di Pemerintah Desa Kajeksan Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Indonesian Journal of Public Policy Review , 22. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/ijppr.v22i0.1304
Utami, F. R., & Mursyidah, L. (2023). The Quality of Population Administration Services in The Bluru Kidul Village, Sidoarjo District, Sidoarjo Regency [Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa Bluru Kidul Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo].
Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Berry, L. L. (1990). Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Expectations. Simon and Schuster.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.