Promosi Pariwisata Internasional Wakatobi : Suatu Strategi Pemerintah Daerah
DOI:
https://doi.org/10.52423/neores.v4i1.55Keywords:
Promosi, Pariwisata, StrategiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi promosi pariwisata internasional Wakatobi yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Wakatobi dalam menarik kunjungan pariwisata mancanegara melalui Wakatobi Wave 2017-2019. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil ini menunjukan hasil bahwa dalam menarik kunjungan wisatawan mancanegara melalui Wakatobi Wave, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melakukan promosi dengan mengikuti forum internasional yang dilakukan pada event-event internasional maupun event yang bersifat regional selain itu juga dengan menggunakan media cetak seperti brosur, pamflet dan lain-lain, media massa yaitu melibatkan Tv Nasional seperti Kompas TV, Metro TV dan TV Wakatobi dan media sosial seperti Facebook, Instagram, Website.
References
Atiko, G., Sudrajat, R. H., & Nasionalita, K. (2016). Analisis Strategi Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial Oleh Kementrian Pariwisata Ri (Studi Deskriptif Pada Akun Instagram@ Indtravel). eProceedings of Management, 3(2).
Kuryanti, S. J., & Indriani, N. (2018). Pembuatan Website Sebagai Sarana Promosi Pariwisata:(Studi Kasus: Pantai Jatimalang, Purworejo). Sinkron: jurnal dan penelitian teknik informatika, 2(2), 37-46.
Muliawanti, L., & Susanti, D. (2020). Digitalisasi destinasi sebagai strategi pengembangan promosi pariwisata di Kabupaten Magelang. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 3(02), 135-143.
Mingkid, E. (2015). Penggunaan media komunikasi promosi pariwisata oleh pemerintah Kota Manado. Sosiohumaniora, 17(3), 188-192.
Sudirman, F. A., & Rifai, R. (2021). Private Sector Contribution in Achieving the Sustainable Development Goals (SDGs) 7 in Kendari, Indonesia. International Journal of Qualitative Research, 1(1), 55–60. https://doi.org/10.47540/ijqr.v1i1.319
Sudirman, F. A., Sarma, W. O. D., & Susilawaty, F. T. (2020). Promosi Pariwisata Melalui Digital Diplomacy: Upaya Internasionalisasi Pariwisata Daerah. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 5(3), 174–185.
Sudirman, F. A., Tombora, I. T. A., & La Tarifu. (2022). TATA KELOLA KOLABORATIF (COLLABORATIVE GOVERNANCE) PEMBANGUNAN PARIWISATA BAJO MOLA WAKATOBI. Indonesian Journal of International Relations, 6(1), 114–132. https://doi.org/10.32787/ijir.v6i1.335
Umami, Z. (2015). Social strategy pada media sosial untuk promosi pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 195-201.
Warmayana, I. G. A. K. (2018). Pemanfaatan digital marketing dalam promosi pariwisata pada era industri 4.0. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 3(2), 81-92.
Yonathan, M., & Misbahuddin Azzuhri, S. E. (2012). Peranan dinas pariwisata dan kebudayaan kota batu dalam kegiatan promosi pariwisata Kota Batu. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1(1)
Manu, G. A., & Fallo, D. (2019). Implementasi Google My Business (GMB) dalam Promosi Pariwisata di Kota Kupang dan Sekitarnya. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 2(2), 8-15.
Nurhadi, F. D. C., & Rengu, S. P. (2014). el.“Strategi Pengembangan Pariwisata Oleh Pemerintah Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah “(Studi Pada Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata Kabupaten Mojokerto). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 2(2), 325-331.
Puspawati, D. P. H., & Ristanto, R. (2018). Strategi Promosi Digital Untuk Pengembangan Pariwisata Kota Magelang. Jendela Inovasi Daerah, 1(2), 1-20.
Romadhan, M. I., & Rusmana, D. S. A. (2017, October). Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Media Promosi Pariwisata Berbasis Partisipasi Masyarakat. In Prosiding Seminar Dan Call For Paper (Vol. 85, p. 90).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 NeoRespublica: Jurnal Ilmu Pemerintahan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.